Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Ngabuburit Sambil Beribadah dengan 4 Aplikasi Ini, Jadikan Ramadan Penuh Berkah

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 06:40 WIB
ngabuburit-sambil-beribadah-dengan-4-aplikasi-ini-jadikan-ramadan-penuh-berkah
Ilustrasi. Selama bulan Ramadan, tidak ada salahnya ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa dengan beribadah. Pada masa sekarang, terdapat beragam aplikasi yang dapat bantu menunjang kegiatan ibadah Anda. (Sumber: bisaquran.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Selama bulan Ramadan, tidak ada salahnya ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa dengan beribadah. Pada masa sekarang, terdapat beragam aplikasi yang dapat bantu menunjang kegiatan ibadah Anda.

Aplikasi-aplikasi berikut dapat membantu Anda memaksimalkan ibadah selama bulan puasa sehingga menjadikan Ramadan penuh berkah. Aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh melalui Google PlayStore, ada yang gratis ataupun berbayar.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Semarang 26 Maret 2023, Hari ke-4 Ramadan 1444 H

Sebagaimana dilansir Antara, berikut empat rekomendasi aplikasi penunjang ibadah yang layak dijadikan teman ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Ustadzkita

Aplikasi Ustadzkita dibuat oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama RI memilik segudang fitur yang dapat menujang kegiatan selama bulan Ramadan.

Aplikas ini memiliki fitur jadwal salat, arah kiblat, doa pilihan, penjelasan dalam hukum Islam, hingga naskah khotbah. Ustadzkita juga punya fitur "Tanya/Undang Ustadz" untuk mengundang atau sekadar mengobrol dengan ustaz terdekat.

Direktori ustaz di Ustadzkita juga dilengkapi profil dan latar belakang ustaz sebagai pertimbangan sebelum menghubungi pemuka agama tersebut.

Selain itu, salah satu kelebihan Ustadzkita adalah tampilan menu yang ramah untuk berbagai kalangan usia, termasuk lanjut usia.

NU Online

Aplikasi NU Online menyediakan bacaan surat-surat dalam Al-Qur'an, bacaan wirid dan doa, penghitung tasbih, tutorial ibadah, serta artikel-artikel Islami yang dapat menambah wawasan pembaca.

NU Online pun menghadirkan fitur khusus Ramadan yang berisi jadwal salat serta kumpulan doa dan kultum terkait Ramadan. Aplikasi ini juga bisa menghubungkan pengguna yang ingin berzakat dengan lembaga NU Care-LAZISNU.

Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro menyediakan fitur yang membuat pengguna bisa mencatat progres ibadah, termasuk selama bulan Ramadan. Fitur ini dapat membantu pengguna meninjau aktivitas ibadah sekaligus mengingatkan untuk beribadah.

Muslim Pro juga menyediakan beragam film, serial, dokumenter, hingga animasi anak bertema Islam. Aplikasi ini juga dilengkai jadwal salat serta bacaan Al-Qur'an.

Qara'a

Aplikasi Qara'a dapat membantu pengguna yang ingin belajar membaca Al-Qur'an dengan cara mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk meninjau proses belajar.

Aplikasi ini pun dilengkapi fitur "maraton" yang berisi tantangan kepada pengguna untuk menyelesaikan misi membaca ayat-ayat Al-Qur'an. Tujuan fitur ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an secara lancar dan benar.

Baca Juga: Ibu Hamil Boleh Tidak Puasa Ramadan Jika Alami 4 Kondisi Ini, Tapi Wajib Qada atau Fidyah


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x