Kompas TV video vod

Kemenhub Prediksi Kenaikan Pemudik, 123 Juta Orang Akan Mudik di 2023!

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 06:30 WIB
Penulis : Edwin Zhan

BANTEN, KOMPAS.TV - Pemerintah menambah dua kali lipat jumlah dermaga penyeberangan Pulau Jawa-Sumatera, untuk mengurai kepadatan penumpang saat mudik Lebaran tahun ini .

Persiapan ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat rapat persiapan di Pelabuhan Merak Cilegon, Banten, Sabtu (25/3) kemarin.

Seluruh dermaga yang dipersiapkan untuk memperlancar arus mudik di Merak, Banten, berjumlah 14 dermaga.

Tujuh dermaga dipersiapkan dari dua pelabuhan barang, yakni Pelabuhan PT Pelindo Ciwandan, serta Pelabuhan Indah Kiat.

Tujuh dermaga lainnya, berada di Pelabuhan Merak .

Penambahan dermaga ini adalah bagian dari penambahan fasilitas untuk mengurai kemacetan perjalanan mudik, menyusul perkiraan lonjakan jumlah pemudik dari 85 juta menjadi 123 juta orang di tahun ini .

Dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat 2023, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama stakeholder kembali melakukan survei jalur mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Pelabuhan Ciwandan nantinya akan ikut membantu mengurangi beban penumpukan pemudik yang hendak berangkat ke Sumatera; sehingga tidak menumpuk di Pelabuhan Merak.

Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi juga meninjau kesiapan jalur mudik dan rest area yang berada di wilayah hukum Polda Banten.

_____                                                   

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam nonstop di https://www.kompas.tv/live.

Agar tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Yuk, subscribe channel YouTube Kompas TV!

Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru dari Kompas TV. Sahabat Kompas TV juga bisa memperoleh informasi terkini melalui website: https://www.kompas.tv.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.