Kompas TV entertainment selebriti

3 Penyebab Tumor Otak Seperti yang Dialami Ifan Seventeen, Apa Bisa Disembuhkan?

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 07:04 WIB
3-penyebab-tumor-otak-seperti-yang-dialami-ifan-seventeen-apa-bisa-disembuhkan
Ifan Seventeen setelah menjalani operasi pengangkatan tumor di kepala, Sabtu (25/3/2023). (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vokalis band Seventeen, Riefian fajarsyah atau biasa disapa Ifan mengabarkan dirinya menderita penyakit tumor otak.

Tindakan operasi tumor otak pun telah dilakukan Ifan Seventeen pada Sabtu (25/3/2023). Istri Ifan, Citra Monica mengabarkan kini suaminya sedang menjalani proses pemulihan.

"Alhamdulillah, operasinya berjalan lancar. Terima kasih untuk semua doanya. Sekarang suamiku sedang dalam masa pemulihan. Minta doanya mudah2an proses recoverynya berjalan dengan lancar juga, Aamiin. -citra-," tulisnya di akun Instagram @ifanseventeen.

Baca Juga: Ifan Seventeen Ikut Jual Lagu Bandnya Lewat NFT

Penyebab Tumor Otak

Dokter Neurologi Rumah Sakit Kariadi Semarang dr. Aditya Kurnianto mengatakan
tumor otak adalah penyakit yang timbul akibat tumbuhnya jaringan abnormal di otak. Tergantung jenisnya, tumor otak ada yang bersifat jinak maupun ganas.

Munculnya tumor di otak bisa berasal dari jaringan otak itu sendiri (atau disebut tumor otak primer), bisa juga berasal dari kanker pada organ lain yang menyebar ke otak (tumor otak sekunder). 

Gejala tumor otak berbeda-beda tergantung jenisnya. Gejala yang muncul dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan pertumbuhan, dan lokasi tumor. 

Tumor otak yang berukuran kecil sering kali tidak menimbulkan gejala. Seiring berkembangnya tumor otak, dapat muncul gejala berupa sakit kepala, gangguan saraf, atau kejang.

Tumbuhnya tumor otak disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik di dalam sel otak. Penyebab perubahan genetik ini masih belum diketahui. 



Sumber : RS Kariadi, Siloam Hospital


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.