A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: libraries/Article_lib.php

Line Number: 225

Backtrace:

File: /var/www/html/frontend-v2/application/libraries/Article_lib.php
Line: 225
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Read.php
Line: 108
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontend-v2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Pagar Lapas Gunung Sindur Dirusak, Pengacara Bahar bin Smith: Kalau Diberi Ruang Tak Akan Ada Massa

Kompas TV nasional berita kompas tv

Pagar Lapas Gunung Sindur Dirusak, Pengacara Bahar bin Smith: Kalau Diberi Ruang Tak Akan Ada Massa

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 16:37 WIB
pagar-lapas-gunung-sindur-dirusak-pengacara-bahar-bin-smith-kalau-diberi-ruang-tak-akan-ada-massa
Bahar bin Smith sesaat sebelum ditangkap petugas gabungan Ditjenpas Kemenkumham, Polres Bogor, dan Polda Jabar, Selasa dini hari (19/5/2020) (Sumber: Istimewa)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta menanggapi atas pemindahan lokasi tahanan Bahar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur ke Lapas I Batu di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bahar bin Smith Dipindah ke Nusakambangan, Pengacara dan Keluarga Kecewa Campur Khawatir

Termasuk penilaian pihak Ditjen Pemasyarakatan yang menyebutkan pendukung dan simpatisan Bahar telah berkerumun, berteriak-teriak, dan merusak pagar di depan Lapas Gunung Sindur, Selasa kemarin (19/5/202).

Menurut Ichwan, jika sejak awal kedatangan timnya diberi ruang untuk bisa bertemu dengan Bahar bin Smith, dipastikan tidak akan ada massa dari pendukung maupun simpatisannya.

"Yah kalau kita dikasih ruang dari awal kita bisa ketemu dengan Habib Bahar, ya nggak mungkin akan ada massa (pendukung dan simpatisan)," kata Ichwan, saat dihubungi Kompas.tv, Rabu (20/5/2020).

Ichwan melanjutkan, mereka (para pendukung dan simpatisan) sudah menunggu kepastian untuk bertemu Bahar selama 12 jam.

"12 jam kita nunggu supaya bisa jenguk Habib Bahar. 12 jam baru bisa dikabulkan kan kita ketemu. Yah mereka (pihak Lapas) saja yang banyak cari alasan," tutur Ichwan.

Baca Juga: Bahar bin Smith Dijebloskan ke Lapas Batu Nusakambangan Jawa Tengah

Sebelumnya, pihak Ditjen Pemasyarakatan dalam hal ini Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengungkapkan alasan kenapa Bahar bin Smith harus dipindahkan ke Lapas I Batu di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Menurut Rika, pemindahan Bahar bin Smith ke Lapas I Batu di Nusakambangan itu murni untuk kepentingan pengamanan dan pembinaannya sebagai konsekuensi dari pelanggaran terhadap asimilasi yang telah diberikan.

Namun lebih dari itu, lanjut Rika, sejak Bahar kembali ditahan di Lapas Gunung Sindur (Bogor) pada Selasa kemarin, simpatisan dan pendukung Bahar berkerumun di Lapas Gunung Sindur. 

Mereka memaksa untuk bertemu dengan Bahar Smith.

Simpatisan yang memaksa ingin mengunjungi Habib Bahar, berkerumun dan berteriak-teriak.

"Mereka melakukan tindakan provokatif yang menyebabkan perusakan fasilitas negara berupa pagar lembaga pemasyarakatan," tutur Rika, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Kompas.tv, Rabu.

Untuk itulah, pihak Ditjen Pemasyarakatan khawatir kerumunan massa tersebut dapat menciptakan kondisi yang tidak kondusif serta mengganggu keamanan dan ketertiban. 

Baca Juga: Pendukung Rusak Pagar Lapas Gunung Sindur, Bahar bin Smith Dipindah ke Nusakambangan

Selain itu, kerumunan massa simpatisan dengan jumlah besar itu juga melanggar protokol penanganan Covid-19 dan dikhawatirkan dapat menyebabkan penyebaran Covid-19. 

"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusakambangan," ujar kata Rika.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x