Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Tawarkan Investasi di IKN

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 10:08 WIB
luhut-bertemu-putra-mahkota-arab-saudi-tawarkan-investasi-di-ikn
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menemui Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman di Riyadh. Mereka membahas rencana investasi Saudi ke Indonesia dan peluang investasi Indonesia di Arab Saudi (4/3/2022). (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan menemui Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz di Riyadh. Pertemuan itu dalam rangka menjalankan tugas dari Presiden Joko Widodo, untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia Arab Saudi.

Kepada Mohammed bin Salman, Luhut menawarkan sejumlah potensi investasi di Indonesia. Seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, pengembangan energi hijau,
hingga pelestarian lingkungan hidup.

"Saya merasa senang ketika saya disambut langsung oleh Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman di Riyadh. Terlebih lagi ketika ternyata kami sama-sama bersepakat untuk memperkuat lagi hubungan bilateral antara Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi," tulis Luhut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, dikutip Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Luhut Targetkan Pemerintah Beli Barang UMKM Rp400 T Per Tahun

"Saya juga menceritakan betapa Indonesia saat ini sudah banyak kemajuan, selain saat ini kami sedang bersiap-siap untuk pembangunan Ibu Kota Negara Baru, saya juga sampaikan bahwa kami sangat terbuka dengan kerja sama dalam hal energi baru dan terbarukan hingga kerjasama dalam hal pelestarian lingkungan hidup," ujarnya.

Mendengar penjelasan Luhut, Mohammed bin Salman mengatakan Arab Saudi juga ingin maju seperti Indonesia.

"Bila Indonesia maju maka Arab Saudi juga maju," kata Luhut menirukan ucapannya.

Selain bertemu Putra Mahkota, Luhut juga bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih dan sejumlah CEO perusahaan Arab Saudi. Mereka membicarakan rencana investasi perusahaan asal Arab Saudi di Indonesia.

Baca Juga: Didampingi Luhut dan Sri Mulyani, Jokowi Bertemu Pimpinan Bank Dunia

Luhut menekankan, Indonesia tidak ingin hanya sebagai tujuan investasi. Tapi juga ingin berperan sebagai investor di Arab Saudi.

"Di tengah pertemuan saya sampaikan keinginan saya agar potensi investasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi dan peluang investasi Indonesia di Arab Saudi bisa berjalan beriringan," tutur Luhut.

Ia juga mengundang Arab Saudi untuk hadir dalam pertemuan puncak G20 yang akan digelar di Bali. Mohammed bin Salman pun menyambut baik undangan tersebut.

"Bak gayung bersambut, ternyata Putra Mahkota memang sudah berencana untuk berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat dalam rangka tindak lanjut segala hasil pertemuan yang terselenggara hari ini," ujarnya.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x