Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Menteri Bahlil Hadiri Upacara Bendera di Tembagapura: Bangun Indonesia Sentris, Bukan Jawa Sentris

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 11:01 WIB
menteri-bahlil-hadiri-upacara-bendera-di-tembagapura-bangun-indonesia-sentris-bukan-jawa-sentris
Lapangan Sepakbola Sporthall Tembagapura yang dijadikan tempat pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

TIMIKA, KOMPAS.TV – Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menghadiri pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI di Lapangan Sepakbola Sporthall Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua pada Rabu (17/8/2022).

Vice President Corporate Communications PT Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, upacara ini berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut,  yang digelar oleh PT Freeport Indonesia.

"Kami akan melaksanakan upacara bendera pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Lapangan Sepakbola Sporthall Tembagapura," katanya, Rabu (17/8/2022), dilansir dari Antara.

Baca Juga: Polisi Imbau Pengguna Jalan Hindari Kawasan Istana Merdeka saat Upacara Peringatan HUT ke-77 RI

Riza menyampaikan, PT Freeport mempersiapkan pasukan pengibar bendera yang khusus dilatih untuk melakukan pengibaran bendera pada upacara kali ini.

"Pasukan pengibar bendera tersebut terdiri dari siswa dan siswi SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) ditambah dengan karyawan Freeport Indonesia juga unsur TNI-Polri," terangnya.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjadi Inspektur Upacara, sedangkan sebagai Komandan Upacara dipimpin oleh Ajun Komisaris Polisi I Dewa Ketut Suteja.

Dalam pidatonya, Bahlil menyampaikan bahwa sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk segera membangun Indonesiasentris bukan Jawasentris.

Sejak Indonesia merdeka, investasi di pulau Jawa selalu lebih tinggi ketimbang di luar pulau Jawa. Di tahun 2019, kurang lebih komposisi investasi di pulau Jawa sebesar 56 persen sementara di luar pulau Jawa sekitar 48 peren.

Untuk itu, membangun investasi di luar pulau Jawa harus lebih besar dalam rangka memunculkan  ekonomi kawasan baru.

“Sejak 2020 kuartal ke-3 hingga tahun 2022 kuartal ke-2, alhamdulilah investasi di luar pulau Jawa lebih besar dibanding di pulau Jawa. Inilah yang dimaksudny untuk membangun Indonesiasentris,” jelasnya.

Usai upacara, sejumlah pertunjukkan disuguhkan di Lapangan Sepakbola Sporthall Tembagapura. Mulai dari tarian khas daerah hingga mancanegara.

Disebutkan, pada 2022 akhirnya PT Freeport Indonesia akhirnya menggelar upacara bendera dengan lengkap dan terbuka namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berbeda, pada 2021, meski sempat dilaksanakan upacara bendera namun dibatasi jumlah pesertanya karena jumlah kasus Covid-19 secara nasional sedang meningkat.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x