Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pengusaha India Gautam Adani Geser Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya ke-2 di Dunia

Kompas.tv - 19 September 2022, 07:43 WIB
pengusaha-india-gautam-adani-geser-jeff-bezos-jadi-orang-terkaya-ke-2-di-dunia
Konglomerat India Gautam Adani menjadi orang terkaya ke-2 di dunia dan menggeser CEO Amazon Jeff Bezos. (Sumber: Forbes )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Miliarder asal India Gautam Adani menjadi orang terkaya ke-2 di dunia versi Forbes. Kini, Adani berada di bawah Elon Musk dan menggeser pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos, yang turun ke peringkat 3.

Menurut hitungan Forbes, harta Adani saat ini sebesar 152,2 miliar dollar AS. Terpaut jauh dari harta Elon Musk yang sebesar 270,1 miliar dollar AS. 

Sebelumnya pada Jumat pekan lalu (16/9/2022), Adani baru saja naik ke peringkat ketiga orang terkaya versi Forbes, menggeser Bos LVMH Bernard Arnault. Hal itu bisa terjadi karena kenaikan saham-saham perusahaan milik Adani yang tercatat di bursa. 

Pada Februari lalu, Adani pertama kali masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes. Saat itu ia menggantikan miliuner asal India lainnya Mukesh Ambani yang terlempar dari 10 besar orang terkaya. 

Baca Juga: Elon Musk Jual Saham Tesla Rp102 T Setelah Tantang CEO Twitter Debat Terbuka

Adani yang berusia 60 tahun, mendapatkan kekayaannya berkat kerajaan komoditas dan pelabuhan, dan juga berkat akuisisi berbagai bisnis di media, energi dan transportasi. 

Termasuk membeli saham mayoritas di Bandara Internasional Mumbai. Adani pada tahun 2020, menjadikan perusahaannya sebagai operator bandara terbesar di India.

Adani pertama kali muncul di daftar miliarder Forbes pada 2008, dengan perkiraan kekayaan 9,3 miliar dollar AS. Kekayaan Adani telah meningkat 15 kali lipat sejak itu.

Baca Juga: Bos BCA Jual 1 Juta Lembar Saham BBCA untuk Renovasi Rumah dan Investasi

Beberapa perusahaan Adani yang termasuk dalam 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia awal tahun ini adalah perusahaan induk Adani Enterprises, raksasa transportasi Adani Ports & Special Economic Zone, penyedia energi terbarukan Adani Green Energy, perusahaan utilitas Adani Transmission dan raksasa gas alam Adani Total Gas. 

Kekayaan Adani melampaui 100 miliar dollar AS pada bulan April dan dia meroket melewati investor Amerika Warren Buffet akhir bulan itu untuk menjadi orang terkaya kelima di dunia. Adani mengungguli Bill Gates pada Juli.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x