Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Profil Wishnutama Kusubandio yang Terima Bintang Mahaputra dari Presiden Jokowi

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 14:23 WIB
profil-wishnutama-kusubandio-yang-terima-bintang-mahaputra-dari-presiden-jokowi
Wishnutama dan Presiden Joko Widodo saat menumpangi mobil bersama. Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada Wishnutama Kusubandio, Pemberian itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/08/2023). (Sumber: Instagram @wishnutama)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada Wishnutama Kusubandio, Pemberian itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/08/2023).

Dilansir dari laman Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg),  tanda kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara. 

Wishnutama saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Telkomsel sejak Februari 2021 dan Komisaris Independen Tokopedia. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), hingga akhirnya digantikan oleh Sandiaga Uno. 

Ia juga pernah ditunjuk menjadi koordinator tim asistensi dan kemitraan KTT G20 di Bali 2023 dan Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018.

Baca Juga: Jadi Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama Unggah Kutipan Michael Jordan

Pria kelahiran Jayapura, Papua, 4 Mei 1970 ini menempuh pendidikan sekolah menengahnya di SMP Tarakanita 5 Jakarta. Kemudian melanjutkan ke jenjang SMA di Kooralbyn International School di Queensland, Australia dan International School of Singapore.

Mengutip dari laman resmi Telkomsel, Wishnutama merupakan lulusan S1 Komunikasi dari Mount Ida College Massachusett, lulusan The Military College of Vermont di Norwich University, serta mengikuti program pendidikan produksi televisi di Emerson College, Amerika Serikat. 

Selain itu, ia juga berpartisipasi aktif dalam berbagai program pendidikan profesional, termasuk di GE Management Development Institute, Crotonville, New York dan Harvard Business School, Boston, Massachusetts.

Baca Juga: Kasus Mahasiswa UIN Raden Mas Surakarta Dipaksa Daftar Pinjol, Begini Penanganan OJK

Wishnutama pernah menjabat sejumlah posisi strategis, terutama di industri media dan kreatif. Di antaranya sebagai Direktur Utama Trans 7, Direktur Utama Trans TV, Direktur Detik.com, Direktur Utama NET TV, dan Komisaris Kumparan. 


Ia pernah meraih penghargaan Indonesia's Influential Person in Creative Industry Awards pada ajang IdeaFest 2017, Best Digital Talent - Digital Business Leader dari Bubu Awards Indosat Ooredoo IDByte 2017, Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries dalam ajang Strategy-Into-Performance Execution Excellence (SPEx2) Awards 2016 yang diselenggarakan Tempo Media Group.

Baca Juga: Honda Luncurkan Motor Listrik, Segini Harganya Jika Disubsidi Pemerintah

Kemudian The 500 Most Influential CEOs in The World versi Richtopia UK 2015, Marketeer of the Year, Indonesia Marketing Champion 2015 untuk kategori Broadcast, TV, Media serta Best CEO versi SWA Magazine pada tahun 2010.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x