Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

QRIS Bisa Digunakan di Singapura Mulai November 2023

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 09:45 WIB
qris-bisa-digunakan-di-singapura-mulai-november-2023
Ilustrasi penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) untuk transaksi keuangan. (Sumber: KOMPAS.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPSAS.TV - Bank Indonesia (BI) segera mengimplementasikan metode QRIS antarnegara dengan Singapura pada bulan November mendatang, Kamis (19/10/2023). Keputusan ini memungkinkan masyarakat untuk bertransaksi di berbagai toko Singapura menggunakan QRIS.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan penerapan QRIS antarnegara dengan Singapura akan menjadi kenyataan pada bulan November. Dengan ini, masyarakat dapat dengan mudah bertransaksi di Singapura hanya dengan menggunakan ponsel mereka.

"Dengan Singapura. QRIS Insyaallah November akan diimplementasikan," kata Perry dalam konferensi pers RDG BI dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Nasabah BRI Kini Bisa Pakai QRIS dari Kartu Kredit, Ini Cara Aktivasi dari Aplikasi BRImo

Singapura akan menjadi negara ketiga yang mengimplementasikan QRIS antarnegara, setelah Malaysia dan Thailand.

Langkah ini memiliki potensi besar untuk memudahkan transaksi lintas batas dan memfasilitasi turisme serta bisnis di kawasan tersebut.

Sementara Deputi Gubernur BI Fillianingsih Hendarta, menjelaskan bahwa QRIS antarnegara telah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama wisatawan, baik dari Indonesia, Thailand, atau Malaysia.

Baca Juga: Wamendag Jerry Sambuaga Dorong UMKM Optimalkan Penggunaan QRIS

Pemanfaatan QRIS lintas batas ini terutama terjadi di kawasan wisata dan bisnis, seperti di Jakarta, Bali, Jawa Timur, dan Jawa Barat di Indonesia.

"Malaysia di Jawa Barat tinggi, banyak turis Malaysia belanja dan menggunakan QRIS," ucapnya.

BI juga memiliki rencana untuk terus memperluas implementasi QRIS antarnegara ke negara-negara lain di kawasan Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, hingga China.

Baca Juga: Segini Biaya Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai Pakai QRIS TUNTAS dari BI

Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dengan mudah tanpa perlu menukar mata uang dan hanya perlu melakukan pemindaian kode QR.

Masyarakat yang ingin menggunakan QRIS untuk transaksi di Malaysia, Thailand, dan Singapura dapat mengikuti langkah-langkah sederhana, seperti membuka aplikasi pembayaran dan memasukkan jumlah nominal dalam mata uang negara asal.

Setelah konfirmasi, pembayaran dengan QRIS antarnegara selesai dilakukan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x