Kompas TV ekonomi energi

Firman Bagikan Pengalaman Menggunakan Motor Listrik sebagai Transportasi Kerja

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 22:44 WIB
firman-bagikan-pengalaman-menggunakan-motor-listrik-sebagai-transportasi-kerja
Firman, salah satu pegawai PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir membagikan pengalamannya menggunakan motor listrik sebagai kendaraan utama yang menemaninya bekerja. (Sumber: PLN UP3 Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

OGAN ILIR, KOMPAS.TV - Firman, salah satu pegawai PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir membagikan pengalamannya menggunakan motor listrik sebagai kendaraan utama yang menemaninya bekerja. Firman memilih motor listrik dengan kapasitas baterai 3,74 kWH yang mampu menempuh jarak lebih dari 100 km. Sehari-hari, Firman harus menempuh jarak 78 km pulang pergi dan hanya menghabiskan biaya sebesar Rp 5.403. Firman mengaku biaya yang Ia keluarkan lebih hemat daripada menggunakan kendaraan berbahan bakar fossil.

“Kalau pakai motor berbahan bakar fosil, Rp 10 ribu itu biasanya untuk jarak maksimal 50 kilometer. Kalau saya pakai motor listrik, cuma Rp 5 ribuan bisa untuk 78 kilometer,” ungkap Firman.

Firman menambahkan, selain hemat biaya, penggunaan motor listrik juga bisa lebih hemat waktu. Ia tak perlu repot antri mengisi bahan bakar karena bisa mengisi daya ketika sampai di rumah atau ketika tiba di kantor melalui fasilitas Stasiun Penyedia Listik Umum (SPLU).

“Kalau ngecas saya bisa dari rumah atau pakai fasilitas SPLU di kantor PLN UP3 Ogan Ilir. Hemat waktu tak perlu antri isi bahan bakar,” kata dia.

Firman menjelaskan, pengisian daya motor listrik sangat mudah, cukup dengan membeli token Listrik via PLN Mobile dan mengiinput kode token ke dalam SPLU.

“Isi daya juga simpel, tinggal beli token di PLN Mobile, terus isi daya di stasiun pengisian yang tersedia. PLN juga sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk pengguna kendaraan listrik,” jelas Firman.

Hingga awal tahun 2024, PLN telah membangun 1.124 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), dan 9.558 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menjadi wujud komitmen PLN dalam memberikan kemudahan layanan bagi para pengguna kendaraan listrik serta wujud komitmen ekosistem transportasi kendaraan listrik yang ramah lingkungan. (*)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x