Kompas TV ekonomi energi

Harga BBM dan Listrik Bakal Naik pada Juli 2024? Begini Kata Menteri ESDM

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 20:00 WIB
harga-bbm-dan-listrik-bakal-naik-pada-juli-2024-begini-kata-menteri-esdm
Foto ilustrasi. Seorang petugas SPBU mengisi BBM ke sebuah mobil. Kementerian ESDM belum bisa memastikan ada tidaknya kenaikan harga BBM pada Juli 2024. (Sumber: Wartakota/Yulianto)
Penulis : Gading Persada | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apakah harga bahan bakar minyak (BBM) dan listrik akan naik pada Juli 2024? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasfrif punya jawabannya.

Menurutnya, sampai saat ini belum ada rapat lintas lintas kementerian guna membahas harga BBM, baik yang subsidi maupun nonsubsidi untuk bulan depan.

“Belum ada rapat (antarmenteri). Kalau belum ada rapat, belum ada (pembahasan) apa-apa,” ujar Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (24/6/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga BBM Terbaru Awal Juni 2024: dari Pertamina, Shell, BP, hingga Vivo

Arifin juga mengatakan, hingga saat ini belum ada arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait nasib harga Pertalite maupun Pertamax series.

“Nggak ada arahan (dari Jokowi). Belum, belum. Paling nunggu rapat,” katanya.

Tak cuma harga BBM, Arifin juga mengatakan pemerintah belum membahas kelanjutan harga listrik.

“BBM, listrik, sama aja. Belum (rapat), belum,” ucapnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah menahan kenaikan harga BBM baik subsidi dan nonsubsidi sejak awal tahun 2024.

Arifin dalam kesempatan sebelumnya mengungkapkan pertimbangan pemerintah menahan harga BBM tetap stabil hingga Juni 2024, yakni untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat setelah pandemi Covid-19.

Selain itu, gejolak harga minyak dunia, eskalasi konflik di Timur Tengah, hingga pelemahan kurs rupiah terhadap dolar AS membuat kompensasi dan anggaran subsidi BBM di dalam negeri membengkak.

Arifin mengatakan harga BBM subsidi dan nonsubsidi pada Juli 2024 akan dibahas bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca Juga: Harga BBM Tak Naik Per Juni 2024, Pertamina Ungkap Alasannya: Menjaga Stabilitas Ekonomi

Akan tetapi, hingga pekan terakhir bulan Juni ini, Arifin mengaku belum ada rapat maupun arahan dari presiden terkait nasib harga BBM maupun listrik pada Juli.

PT Pertamina Patra Niaga sebelumnya telah menyampaikan tidak ada kenaikan harga untuk BBM nonsubsidi, yakni Pertamax series serta Dex series, pada Juni 2024.

Foto ilustrasi. Seseorang tengah mengisi token ke meteran listrik. Kementerian ESDM belum bisa memastikan kenaikan tarif listrik pada Juli 2024. (Sumber: Wartakota/Angga Bhagya Nugraha )

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyampaikan, meski harga minyak dunia menunjukkan tren naik dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, kembali tidak menaikkan harga BBM nonsubsidi pada bulan Juni.

Menurut dia, keputusan tidak mengubah harga BBM mengacu pada beberapa aspek yang tercantum dalam Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM nonsubsidi.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x