Kompas TV entertainment musik

Mengenal Sosok Waljinah, Sang Maestro Musik Keroncong

Kompas.tv - 2 November 2021, 19:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratu Keroncong, itulah julukan bagi Waljinah. Ya... Waljinah merupakan penyanyi spesialisasi keroncong – Jawa yang menapaki karier dalam dunia keroncong sejak 1958. Bila dihitung, sudah lebih dari 60 tahun, ia berkiprah di panggung musik keroncong.

Meski sempat ditentang oleh orangtuanya, Waljinah membuktikan bahwa musik keroncong mampu membawa kesuksesan dalam hidupnya.

Waljinah memulai karier saat mengikuti kontes Ratu Kembang Katjang di Solo, Jawa Tengah. Kala itu, ia dinobatkan sebagai Ratu Kembang Katjang ketika berusia 12 tahun.

Baca Juga: Ini Pandangan Waljinah Pada Sosok Didi Kempot

Perlombaan menyanyi Ratu Kembang Katjang membuka jalan bagi karier Waljinah cilik. Alhasil, bakatnya mulai dikenal hingga dilirik dapur rekaman serta radio Republik Indonesia (RRI).

Dari Solo menuju Jakarta, Waljinah mengepakkan sayap untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional. Pada 1965, ia berhasil menyabet gelar juara bintang RRI.

Namanya terus bersinar. Lewat lagu Walang Kekek yang ia ciptakan sendiri pada 1967, Waljinah membuat nyanyian Jawa dengan musik keroncong sukses dikenal seantero Indonesia. Lagu itu popular pada masanya dan melegenda hingga saat ini.

Hingga kini, tercatat sudah lebih dari 200 album dan 1.500 tembang yang ia rilis. 

====================================================

Jangan lewatkan Solo Keroncong Festival 2021, Keroncong Berseri "Historia Keroncong untuk Millenials" yang menghadirkan sejumlah penyanyi keroncong, di antaranya Waljinah, Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo, Endah Laras, Sruti Respati, Woro Mustiko, Encik Sri Krishna, Shuma Prada, Daniel Christianto, Billy Tamage Beatbox, Iin Indriani, Dimas Pratama, Seniman dan Seniwati Keroncong Solo serta special perfomances dari 11 Orkestra Keroncong Nasional dan Internasional.

Acara diselenggarakan pada Minggu dan Senin, 7-8 November 2021 pukul 19.00 WIB, tayang secara virtual di YouTube KompasTV. 

#Waljinah #Keroncong #FestivalKeroncongSolo

Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x