Kompas TV entertainment film

Merasa Dirugikan, Penulis Asma Nadia Ancam Gugat Judul Film Air Mata di Ujung Sajadah

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 16:37 WIB
merasa-dirugikan-penulis-asma-nadia-ancam-gugat-judul-film-air-mata-di-ujung-sajadah
Poster film Air Mata di Ujung Sajadah. Penulis novel Asma Nadia berencana menggugat judul film Air Mata di Ujung Sajadah karena mirip dengan judul novelnya, Cinta di Ujung Sajadah, Senin (16/10/2023). (Sumber: Imdb)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penulis novel Asma Nadia berencana menggugat film Air Mata di Ujung Sajadah karena judul film tersebut mirip karya novelnya Cinta di Ujung Sajadah.

Asma Nadia melalui kuasa hukumnya, Ana Sofa Yuking menduga ada pelanggaran hak cipta mengenai substansi judul film Air Mata di Ujung Sajadah.

Hingga kini, pihak Asma Nadia masih membuka ruang diskusi dengan Beehave Pictures dan MBK Production selaku rumah produksi film yang dibintangi oleh Fedi Nuril dan Titi Kamal itu.

"Kita ingin klarifikasi dari pembuat film. Kalau mereka sadar ada kesamaan substansial dengan klien kami, mari kita duduk bersama," tutur Ana Sofa Yuking dalam konferensi pers, Senin (16/10/2023).

Kendati demikian, apabila menemui jalan buntu, pihak Asma Nadia akan menempuh jalur hukum untuk menggugat soal adanya pelanggaran hak cipta.

Baca Juga: Sinopsis Film Brave Citizen, Kisah Penuh Aksi Shin Hye Sun dari Petinju hingga Guru

Merasa Dirugikan

Selain adanya dugaan pelanggaran hak cipta, Asma Nadia mengaku merasa dirugikan dengan adanya film berjudul Air Mata di Ujung Sajadah.

Menurutnya, hal itu memperkecil peluang novel Cinta di Ujung Sajadah diadaptasi menjadi sebuah film.

“Saya pribadi merasa sangat dirugikan atas peristiwa ini. Sebab, novel Cinta di Ujung Sajadah, yang sebelumnya sangat diminati oleh berbagai produser, akan menjadi sulit untuk difilmkan, mengingat sudah ada film dengan judul yang sangat serupa,” kata Asma, dikutip dari Kompas.com.

Asma sempat berkomunikasi dengan produser film Air Mata di Ujung Sajadah, Ronny Irawan, pada Juli 2023 lalu. 

“Saya mengatakan kepada produser film terkait bahwa frase di ujung sajadah pada judul film tersebut adalah frase yang secara persis terdapat pada judul novel saya,” lanjut Asma.

Baca Juga: Film Taylor Swift: The Eras Tour Tayang Mulai 3 November di Indonesia, Ini Bocorannya

Saat itu, Ronny justru meminta Asma Nadia untuk mendaftarkan judul bukunya ke Pusbang.

“‘Saran saya, Mbak bikin PT lalu registrasikan judulnya di Pusbang, Mbak.’ Ditutup ikon tangan punten,” ujar Asma.

Asma Nadia merasa miris dengan respons tersebut karena Ronny Irawan menormalisasi peristiwa serupa di masa mendatang.

“Jika produser menganggap berhak mengambil judul apa saja yang tidak ada di Pusbang, maka semua penulis harus siap kehilangan hak mereka atas judul, sinopsis, dan lainnya,” kata Asma.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x