Kompas TV entertainment komedi

Mengintip Cara Kerja KB Implan, Aman dan Murah Lewat BPJS

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 03:00 WIB
mengintip-cara-kerja-kb-implan-aman-dan-murah-lewat-bpjs
Ilustrasi implan KB (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - KB implan adalah alat kontrasepsi hormonal yang efektif mencegah kehamilan selama 3-5 tahun jika dipasang dengan benar.

Lantas, bagaimana cara kerja KB implan? Implan atau yang sering disebut sebagai KB susuk bekerja dengan melepaskan hormon progesteron sintetis (progestin) ke dalam darah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja KB implan, simak penjelasan berikut seperti melansir Planned Parenthood.

Berukuran kecil dan elastis.

KB implan dipasang di bawah kulit lengan atas. Biasanya, pemasangan KB implan diawali dengan penyuntikan anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit selama prosedur. Cara kerja KB implan yaitu melepaskan hormon progestin yang terdapat di dalam tabung implan secara bertahap ke dalam aliran darah.

Dikutip dari Pedoman Pelayanan Kontrasepsi dan Keluarga Berencana Kemenkes RI, progestin akan mengentalkan lendir serviks dan menebalkan dinding rahim sehingga menghambat pergerakan sperma. Hal ini membuat kemungkinan sperma bertemu sel telur lebih kecil dan tidak terjadi pembuahan .

Hormon ini juga mengganggu pembentukan lapisan pada dinding rahim atau endometrium. Kondisi tersebut mengakibatkan sel telur yang sudah dibuahi sulit menempel pada dinding rahim sehingga kehamilan tidak terjadi.

Kelebihan KB implan  

KB implan cukup efektif mencegah kehamilan selama 3-5 tahun jika dipasang dengan tepat. Selain itu, ada beberapa kelebihan KB implan yang perlu wanita ketahui, yaitu:

Lebih nyaman karena hanya dipasang sekali. Berbeda dengan kontrasepsi lain, misalnya pil KB yang perlu dikonsumsi rutin setiap hari di jam yang sama.

Implan biasanya membuat periode menstruasi lebih ringan.

Beberapa akseptor KB bahkan tidak haid sama sekali setelah satu tahun memakai implan dan ini merupakan kondisi yang wajar.

KB susuk bisa dilepas kapan saja sesuai kebutuhan. Implan tidak memengaruhi kesuburan atau mengakibatkan susah hamil setelah dilepas.

Baca Juga: Tim Hukum Prabowo-Gibran Bantah Terkait Gugatan Pemilu Curang dan Penyalahgunaan Kekuasaan

Aman bagi ibu menyusui karena tidak memengaruhi produksi dan kualitas ASI. Tidak mengganggu aktivitas seksual karena implan dipasang di lengan.

Selain itu, KB implan juga relatif murah dan bahkan bisa diperoleh secara gratis bagi peserta BPJS Kesehatan.


 

Itulah penjelasan mengenai cara kerja KB implan dan kelebihannya. Jika Anda ingin memakai implan sebagai pengendali kelahiran, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan ahli medis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x