A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: libraries/Article_lib.php

Line Number: 238

Backtrace:

File: /var/www/html/frontend-v2/application/libraries/Article_lib.php
Line: 238
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Read.php
Line: 85
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontend-v2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Dapat Mengendalikan Mimpi, Ini Dia 5 Fakta Unik Soal Lucid Dream Yang Wajib Kamu Ketahui!

Kompas TV entertainment lifestyle

Dapat Mengendalikan Mimpi, Ini Dia 5 Fakta Unik Soal Lucid Dream Yang Wajib Kamu Ketahui!

Kompas.tv - 21 April 2020, 19:59 WIB
dapat-mengendalikan-mimpi-ini-dia-5-fakta-unik-soal-lucid-dream-yang-wajib-kamu-ketahui
Ilustrasi Kondisi Saat Tidur (Sumber: regional.kompas.com)

KOMPAS.TV - Jika kamu pernah bermimpi dan kamu merasa bisa mengendalikan penuh alur mimpi kamu dalam kondisi sadar, itu artinya kamu sedang mengalami Lucid Dream!

Sebenarnya apa itu Lucid Dream?

Menurut sejumlah penelitian psikologi yang dikutip dalam hellosehat.com, mimpi terjadi saat kamu memasuki tahap tidur REM atau rapid eye movement.

Manusia memang memiliki 4 tahapan tidur, yang pertama yaitu tidur ayam, tahap kedua mulai tertidur, ketiga tidur nyenyak, kemudian tahap terakhir yaitu tidur REM.

Dalam tahap tidur REM, detak jantung, pernapasan, dan gerakan bola mata yang tadinya melambat menjadi lebih cepat. Namun, ini semua terjadi ketika kamu masih terlelap. Inilah tahapan tidur yang memungkinkan terjadinya mimpi. Lucid Dream pun terjadi pada tahapan tidur ini.

Fenomena ini ditandai dengan kesadaran kamu bahwa saat itu kamu memang sedang bermimpi, bukannya berada di dunia nyata. Kemudian, tak seperti mimpi pada umumnya, kamu punya kendali terhadap apa yang terjadi dalam mimpi tersebut. Dengan kata lain, kamu sadar kalo kamu sedang bermimpi!

Misalnya di dalam mimpi sadar, kamu melihat ada sebuah rumah di seberang jalan. Kamu bahkan tidak tahu apa atau siapa yang ada di dalam jalan tersebut, maka secara sadar kamu lalu menggerakkan diri untuk menyeberangi jalan dan mendekati rumah tersebut persis seperti di dunia nyata.

Akan tetapi, kejadian dalam mimpi sadar kamu ini belum tentu masuk akal. Seperti mimpi lainnya, kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata atau bertemu dengan orang-orang tak terduga. Misalnya kamu bermimpi berada satu pesawat dengan artis idola kamu. Lalu secara sadar, kamu memberanikan diri untuk mengajak artis tersebut dan terjun ke luar pesawat bersama-sama. Hal ini tentu tidak akan pernah kamu lakukan di dunia nyata, namun kamu memilih untuk melakukannya di dalam mimpi kamu.

Nah, berikut 5 fakta seputar Lucid Dream yang harus kamu ketahui :

1.  Fenomena lucid dream ini adalah hal yang wajar. So, kamu ngga perlu takut ini adalah hal aneh atau berhubungan dengan kelainan. Big No!

2. Lucid Dream ini tidak berbahaya, namun dampaknya adalah kamu akan jauh lebih cepat merasa lelah seperti orang kehabisan tenaga karena tubuh dan otak tidak beristirahat dengan maksimal. Selain itu, Lucid Dream terlalu sering dapat dikhawatirkan tidak bisa membedakan mana dunia nyata dan mana dunia mimpi.

3. Nah, Lucid Dream ternyata memiliki banyak manfaat juga diantaranya sebagai therapy untuk penderita phobia karena kita bisa memilih untuk dihadapkan langsung dengan objek yang kita takutkan, mendapatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah untuk dicari solusinya dengan memanfaatkan kinerja otak saat dalam kondisi REM. Tak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan keahlian baru karena bisa dikatakan kita seperti sedang menjelajah alam bawah sadar kita dan bisa melakukan apapun yang diinginkan. 

4. Lucid Dream sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal-hal gaib karena Lucid Dream ini sangat bisa dijelaskan secara ilmiah dalam dunia psikologi. Jadi, Lucid Dream ini ngga serta-merta merupakan sesuatu yang membahayakan atau menyeramkan seperti yang sering digambarkan di film-film horror layar lebar.

5. Fenomena Lucid Dream sering diangkat jadi fim, loh! Sejumlah rumah produksi beken di luar negeri sudah pernah mengangkat fenomena Lucid Dream ini ke dalam film, diantaranya : Inception, Insidious, Walking Life, A Nightmare on Elm Street dan masih banyak lagi!

Jadi, apakah diantara kalian juga ada yang pernah mengalami Lucid Dream?

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x