Kompas TV entertainment musik

Lukisan Ridwan Kamil Laku Rp 50 Juta untuk Donasi di Konser The Story of Artist

Kompas.tv - 18 Juli 2020, 18:21 WIB
lukisan-ridwan-kamil-laku-rp-50-juta-untuk-donasi-di-konser-the-story-of-artist
Lukisan Ridwan Kamil yang dilelang dan hasilnya didonasikan dalam konser Tribute to Artist (Sumber: Youtube KompasTV)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada yang unik dari hasil lelang untuk donasi dalam konser Tribute to Artist yang disiarkan Live di KompasTV, Sabtu (18/7/2020).

Dalam sebuah segmen, ada anggota HIPMI yang secara resmi akhirnya membeli Lukisan Ridwan Kamil senilai sekira Rp 41 jutaan.

"Ada artinyakah angka Rp 41.019.710 ini?" tanya host Coky Sitohang.

"Saya tebak dulu nih, ini kayanya tanggal lahir saya, 4 Oktober 1971," jawab Ridwan Kamil.

"Iya betul," kata sang pemenang yang merupakan anggota HIPMI.

Lukisan Ridwan Kamil ditebus sesuai tanggal lahirnya (Sumber: Youtube KompasTV)

Tak lama berselang, Artis Farhan ikut menambahkan sekira Rp 3 juta lebih yang akhirnya lukisan tersebut laku Rp 45 juta.

"Ya saya sebagai rakyat biasa, dan bukan pengusaha muda lagi, karena sudah tua mau menambahkan, atau top up nilainya Rp 3 juta sekian, sehingga bulat Rp 45 juta," seru Farhan.

Sontak aksi Farhan mendapatkan tepung tangan meriah yang hadir di studio. Kemeriahan ternyata juga tak berhenti sampai sana, karen Ridwan Kamil ternyata juga tak mau kalah.

Ridwan Kamil yang mempunyai lukisan tersebut ternyata ikut menyumbang Rp 5 juta, sehingga dari hasil lelang lukisan tersebut menyentuh angka total Rp 50 juta yang nantinya akan disumbangkan kepada para pekerja seni yang digalang oleh Asosiasi Pekerja Seni Pusat (ASKIP).

"Ya sudah saya tambahkan Rp 5 juta, biar genap Rp 50 juta," beber Ridwan Kamil.

"Waduh, empunya yang punya lukisan malah ikutan donasi," ucap Coky.

"Nah bagi teman-teman semua kalau mau berdonasi juga bisa melalui Kitabisa.com, klik https://kitabisa.com/campaign/thestoryofartist," timpal Vina Panduwinata.

Seperti diketahui Ridwan Kamil ikut ambil bagian dalam konser amal untuk pekerja seni yang bakal ditayangkan di channel Youtube KompasTV sore ini pukul 15.00 - 17.00 WIB.

Asosiasi Pekerja Seni Pusat (ASKIP) buat konser bertajuk The Story Of Artist: Tribute for Artist, sebagai bentuk kepedulian dan penghormatan kepada para seniman Indonesia. 

"Dengan ini ada karya saya terkait lukisan yang berbentuk kaligrafi yang akan disumbangkan untuk kegiatan kepada pekerja seni yang menjadi korban, semoga ini yang membeli, dilancarkan rezekinya nanti, di masa ini kita harus punya rasa kebersamaan. Dengan kedisiplinhan kita pasti menang melawan covid," Haturnuhun, seru Ridwan Kamil dalam sebuah video yang beredar dalam grup Whatsapp.

Konser ini menjadi bentuk kepedulian dan penghormatan ASKIP kepada para seniman Indonesia.

Ketua ASKIP, Sonya Margaretha menjelaskan pandemi Covid-19 ikut memberi dampak terhadap dunia hiburan dan kesenian.

"Banyak para pekerja seni di balik panggung mengalami krisis ekonomi karena tidak adanya penghasilan selama wabah Covid-19. Bahkan, di masa adaptasi kebiasaan baru pun para pekerja seni dan hiburan masih belum bisa beraktivitas kembali mencari nafkah karena terbentur protokol kesehatan dan perizinan," beber ketua AKIP Sonya.

Kini para artis maupun crew event dan publik figure lebih memilih menghibur lewat media daring atau online.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x