Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Setop Impulsif! Ini 6 Kebiasaan yang Bikin Kantong Jebol

Kompas.tv - 6 Maret 2022, 06:10 WIB
setop-impulsif-ini-6-kebiasaan-yang-bikin-kantong-jebol
Ilustrasi lingkungan belanja yang aman. (Sumber: Shutterstock/aslysun)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat memiliki uang, mungkin tanpa disadari kita sering melakukan gaya hidup boros yang bisa membuat kantong jebol. Gaya hidup seperti itu harus segera diubah.

Melansir Times of India, membuat catatan kecil untuk setiap pengeluaran amat diperlukan agar kita tahu ke mana saja uang itu pergi setiap bulan.

Simak beberapa gaya hidup berikut ini, yang tanpa tidak disadari membuat kantong kita jebol:

1. Menggunakan transportasi online

Menggunakan transportasi online ternyata bisa menjadi gaya hidup boros yang tidak disadari. Walaupun banyak transportasi online yang memberikan promo, namun jika menggunakan transportasi ini setiap hari bisa menyebabkan pemborosan.

Solusi untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan moda transportasi umum yang lebih ramah kantong.

Baca Juga: Boros Uang Belanja? Begini Cara Hemat Gas LPG 3 Kg untuk Masak

2. Makan di luar terlalu sering

Tidak masalah jika kita merencanakan makan di luar saat akhir pekan atau bahkan sebulan dua sampai tiga kali. Ketahuilah, makan di luar tentu akan lebih mahal ketimbang masak sendiri di rumah.

3. Membeli minuman kekinian

Saat ini banyak minuman kekinian yang dijual di berbagai tempat. Minuman kekinian biasanya hadir dengan berbagai inovasi produk yang unik dan berbeda satu dengan lainnya.

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen. Namun, tanpa disadari kebiasaan membeli minuman kekinian bisa menyebabkan keuangan berantakan.

Walaupun saat ini minuman kekinian sudah cukup terjangkau, namun jika dibeli setiap hari juga termasuk dalam kategori pemborosan.

4. Belanja impulsif

Kemudahan transaksi saat berbelanja, tanpa disadari mendorong kita untuk melakukan belanja impulsif alias membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Kita harus menemukan cara untuk menahan diri agar tidak melakukannya terus-menerus.

5. Tidak merencanakan belanja bulanan

Hindari kebiasaan membeli bahan makanan per hari. Lebih baik, lakukan belanja bulanan dalam jumlah besar karena biasanya akan lebih murah.

Catat juga semua kebutuhan yang ingin dibeli sebelum belanja. Kebiasaan ini dapat membantu kita lebih hemat uang dan mencegah belanja impulsif hanya karena lapar mata.

Baca Juga: 3 Tanda Kamu Perlu Mengubah Gaya Hidup

6. Menggunakan kartu kredit

Gaya hidup boros yang sering tidak disadari yaitu menggunakan kartu kredit setiap transaksi. Kartu kredit memang membuat transaksi lebih mudah dan cepat. Namun, jika tidak dibatasi penggunaan kartu kredit dapat membuat keuangan membengkak.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x