Kompas TV foto berita foto

FOTO: Lomba Perahu Hias dan Pertunjukan Tari di Glagah Lagoon Festival Kulon Progo

Kompas.tv - 2 Juli 2024, 06:05 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

KULON PROGO, KOMPAS.TV – Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulon Progo menggelar lomba perahu hias sebagai rangkaian dari kegiatan Glagah Lagoon Fest, di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Minggu (30/6/2024).

Lomba perahu hias tersebut diikuti oleh 45 perahu wisata yang selama ini beraktivitas di kawasan laguna.

Seluruh perahu yang menjadi peserta pada lomba tersebut dihias sedemikian rupa, menurut kreativitas pemiliknya. Tak sekadar dihias, beberapa perahu juga menyertakan kesenian tradisioal, seperti gamelan dan tarian.

Baca Juga: Meriahkan 17-an! Lomba Bidar dan Perahu Hias di Sungai Musi

Satu per satu perahu-perahu tersebut melaju dari sisi barat laguna menuju ke timur, tepat di depan panggung yang terbuat dari batang-batang bambu.

Di depan panggung tersebut pengemudi perahu menunjukkan kebolehan mereka beratraksi menggunakan alat transportasi air itu. Ada yang melaju kencang kemudian tiba-tiba memutar kendali perahu mereka.

Di ujung acara, puluhan perahu itu kembali melaju ke arah barat, namun kali ini mereka melaju bersamaan.

Sebelum pelaksanaan lomba perahu hias, juga diadakan sendratari mengambil tema Sugriwa dan Subali di panggung hiburan.

Berkut foto-foto kegiatan tersebut:

Sejumlah penari sedang menunjukkan kebolehan mereka di panggung bambu, di Laguna Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penampilan sejumlah penari saat membawakan cerita Sugriwa-Subali di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Pertunjukan tari yang menceritakan lakon Sugriwa-Subali di acara Glagah Lagoon Festival, di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang penari beratraksi melompat ke dalam air sebagai rangkaian dari tarian lakon Sugriwa-Subali, di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah perempuan penari menunjukkan kebolehannya di panggung bambu di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Salah satu perahu hias peserta lomba melaju menuju lokasi atraksi, di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah pengunjung yang hadir untuk menyaksikan atraksi lomba perahu hias di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah pengunjung mengabadikan momen parade perahu hias di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, menggunakan gawai, Minggu (30/6/2024) (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah peserta lomba perahu hias di acara Glagah Lagoon Festival seusai beratraksi di depan panggung bambu, di Laguna Barat Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 



Sumber : Kompas TV



FOTO LAIN



Close Ads x