Kompas TV internasional kompas dunia

Perayaan Diwali Tahun Ini Sungguh Berbeda

Kompas.tv - 14 November 2020, 23:42 WIB
perayaan-diwali-tahun-ini-sungguh-berbeda
Sejumlah warga menyalakan kembang api dalam perayaan Diwali, festival cahaya Hindu, di Prayagraj, India, Sabtu (14/11). (Sumber: AP Photo / Rajesh Kumar Singh)
Penulis : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV – Lebih dari 1 milyar warga India merayakan Diwali hari Sabtu (14/11) di tengah ancaman kebangkitan Covid-19 dan meningkatnya polusi udara yang mengepung ibukota India.

Diwali, festival cahaya Hindu, biasanya dirayakan dengan bersosialisasi dan saling bertukar hadiah antar sesama teman dan keluarga, dan menyalakan lampu minyak atau lilin sebagai simbol kemenangan cahaya dari kegelapan. Kembang api juga merupakan bagian dari perayaan Diwali.

Baca Juga: Keluarga Kamala Harris di India Berencana Menghadiri Pelantikan Presiden di Amerika Serikat

Namun tahun ini, pandemi Covid-19 membuat perayaan Diwali berbeda, terutama di ibukota India, New Delhi, yang pada beberapa pekan belakangan mengalami lonjakan kasus infeksi penularan Covid-19.

Seperti dilansir dari Associated Press, Sabtu (14/11), kuil-kuil di seantero negeri menggelar upacara sembahyang secara daring untuk menghindari kerumunan massa. Di New Delhi, warga yang khawatir menggelar perayaan secara sederhana. Sejumlah warga bahkan memilih tinggal di rumah dan tidak mengunjungi teman atau sanak keluarga.

“Ini bukan Diwali seperti biasanya,” ujar Vishwas Malik (47), seorang profesor di New Delhi. “Acara bertukar hadiah tidak banyak dan kami tidak saling berinteraksi. Kami juga tidak saling mengunjungi rumah masing-masing karena takur tertular virus.”

Baca Juga: India Tembus Lebih dari 7 Juta Kasus Virus Corona

Dalam upaya mendorong warga untuk tinggal di rumah, Ketua menteri New Delhi, Arvind Kejriwal, juga beberapa orang Dewan Menteri, menggelar upacara sembahyang di sebuah kuil besar yang disiarkan di televisi dan media sosial.

Kejriwal menyatakan, pekan lalu kasus penularan infeksi corona meningkat tajam akibat memburuknya polusi udara. Ia menganjurkan agar orang-orang tidak menyalakan petasan pada perayaan Diwali agar tidak memperburuk kualitas udara. Petasan kerap menjadi penyebab makin buruknya polusi udara di New Delhi.

Saat ini, hubungan antara polusi udara dan memburuknya kasus Covid-19 memang masih berupa teori. Namun sejumlah peneliti menyatakan, sebagai faktor tambahan selain penggunaan masker, pembatasan sosial, kepadatan penduduk dan suhu, udara yang kotor juga seharusnya dianggap sebagai salah satu elemen utama dalam penularan virus corona.

Baca Juga: Kolektor Buku Terbesar Di India

India telah mengonfirmasi sebanyak 8,7 juta kasus Covid-19, termasuk 129 ribu kematian. Berada di posisi kedua setelah Amerika Serikat dalam kasus Covid-19 terbanyak, tingkat penularan kasus harian di India menurun sejak pertengahan September lalu.

Mengenakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona, warga India memadati pasar di Jammu, India, Sabtu (14/11) untuk berbelanja kebutuhan perayaan Diwali. (Sumber: AP Photo / Channi Anand)

Orang-orang memadati pasar di seluruh negeri untuk berbelanja keperluan Diwali, yang memicu kekhawatiran di kalangan para ahli kesehatan yang telah memperingatkan bahwa perayaan dengan kerumunan massa dapat menyebabkan kebangkitan kembali Covid-19. Ini, pada gilirannya, akan membuat kewalahan sistem perawatan kesehatan India. Namun, di New Delhi, menjelang Diwali, beragam pesan yang mendorong warga untuk tinggal di dalam rumah selama perayaan Diwali, menyebar melalui aplikasi WhatsApp.   

“Diwali kali ini lebih tentang bertahan hidup. Ini tentang bersyukur karena kita masih tetap bisa bernafas dan hidup hari ini. Tinggallah di rumah,” demikian bunyi salah satu pesan yang beredar.

Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi melanjutkan kebiasaannya merayakan Diwali bersama tentara India: terbang ke pos militer di negeri bagian Rajasthan barat, membagikan permen bagi para anggota pasukan dan menaiki tank.

“Kalian boleh berada di pegunungan bersalju atau di gurun pasir, namun Diwali saya hanya akan lengkap saat saya merayakannya bersama kalian,” kata Modi dalam pidatonya pada tentara India.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x