Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaksana Tugas Menhan AS Kunjungi Afghanistan Saat Berlangsung Proses Penarikan Pasukan

Kompas.tv - 23 Desember 2020, 08:14 WIB
pelaksana-tugas-menhan-as-kunjungi-afghanistan-saat-berlangsung-proses-penarikan-pasukan
Pelaksana Tugas Menteri Pertahanan Amerika Serikat Christopher Miller. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Pelaksana Tugas Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Christopher Miller, mendadak mengunjungi Afghanistan pada Selasa (22/12/2020). Ia bertemu dengan beberapa pemimpin Afghanistan, dalam proses penarikan pasukan AS yang berada disana.

Pentagon menyatakan Miller bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Jenderal Scott Miller, yaitu komandan tertinggi AS di negara itu. Kunjungan Miller di Kabul adalah kunjungan kedua pejabat senior pertahanan dalam seminggu terakhir.

Kepala Staf Gabungan Jenderal Angkatan Darat Mark Milley, sebelumnya juga mengunjungi Afghanistan, untuk bertemu para pemimpin Afghanistan dan militer. Mereka membahas tentang kekhawatiran yang berkembang terkait peningkatan serangan Taliban terhadap pasukan Afghanistan.

Di bawah perjanjian Doha yang ditandatangani pada Februari lalu oleh Amerika Serikat dan Taliban, pemerintahan Trump menyetujui penarikan bertahap pasukan AS, hingga menjadi nol pasukan pada Mei 2021 jika persyaratan perjanjian ditegakkan.

Baca Juga: Warga Kurdi Protes Penarikan Pasukan AS

Salah satu syaratnya adalah pengurangan kekerasan oleh Taliban, yang mengarah pada gencatan senjata nasional. Taliban juga setuju untuk memulai negosiasi damai dengan pemerintah Afghanistan, yang saat ini masih dalam tahap awal.

Penjabat kepala Pentagon bulan lalu mengumumkan revisi terbaru tentang rencana Presiden Donald Trump untuk mengurangi pasukan AS di Afghanistan. Mereka mengatakan jumlahnya akan turun menjadi 2.500 pada 15 Januari, hanya beberapa hari sebelum Joe Biden dilantik sebagai Presiden AS. Saat ini ada sekitar 4.000 tentara AS di negara itu, dan para pemimpin militer mengatakan mereka akan menguranginya hingga target sejumlah 2.500 tentara, tercapai tepat waktu.

Pentagon mengatakan, Miller bertemu dengan para pemimpin militernya untuk membahas kekerasan Taliban dan melanjutkan misi AS di sana. Dia juga bertemu anggotanya di beberapa lokasi, untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka. Miller berterima kasih atas pengorbanan mereka karena harus jauh dari keluarga selama melalui masa yang sulit.

Baca Juga: Di Akhir Masa Jabatan, Trump Akan Kurangi Pasukan di Afghanistan dan Irak

Miller juga singgah di dua pangkalan Angkatan Udara di Inggris pada hari Senin (21/12/2020). Dia mengunjungi pasukan AS dan para pemimpin militer di RAF Mildenhall dan RAF Lakenheath. Di Lakenheath, dia menerima laporan terbaru tentang pengujian, perawatan, dan vaksinasi Covid-19.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x