Kompas TV internasional kompas dunia

Vladimir Putin Peringati Ritual Kristen Ortodoks dengan Berendam di Kolam Es

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 15:08 WIB
vladimir-putin-peringati-ritual-kristen-ortodoks-dengan-berendam-di-kolam-es
Presiden Rusia Vladimir Putin (Sumber: Mikhail Klimentyev/Pool Photo via AP)
Penulis : Eddward S Kennedy

MOSCOW, KOMPAS TV - Vladimir Putin memperingati ritual Kristen Ortodoks Epiphany dengan berendam di kolam sedingin es pada Selasa (19/1/2021).

Putin mengarungi air dengan celana renang biru dan mencelupkan diri tiga kali hingga buru-buru keluar dari kolam es dalam video yang dibagikan oleh kantor berita RIA Novosti.

Dilansir The Moscow Times, Dmitry Peskov, juru bicara Putin mengatakan: “Itu tradisinya. Dia tidak mengkhianati tradisi,” kepada wartawan tak lama sebelum video tayang.

Tradisi Kristen Ortodoks Epiphany dirayakan oleh orang Rusia setiap tahun dengan mandi di danau atau sungai dengan temperatur sedingin es untuk merayakan pembaptisan Yesus di Sungai Yordan.

Tradisi ini juga populer di kalangan “non-percaya”, karena mandi es beku dianggap baik.

Tahun ini, Peskov tidak mengatakan di mana Putin mencelupkan diri atau berapa suhu saat itu.

Namun, laporan dari reporter Kremlin mengatakan video itu direkam di luar Moskow dalam cuaca minus duapuluh derajat celcius.

Dengan cepat para pengamat melihat kemiripan antara warna pakaian renang biru Putin dan pakaian dalam pemimpin oposisi Alexei Navalny, yang diungkap oleh seorang perwira FSB yang dituduh meracuni dirinya bulan lalu.

Putin berendam di kolam es ini juga melanjutkan tradisi berfotonya dengan telanjang dada saat melakukan aktivitas seperti menunggang kuda, berburu, menangkap ikan, dan bersantai di bawah sinar matahari di Siberia.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x