Kompas TV internasional kompas dunia

Buntut Penyelidikan Skandal Wawancara Putri Diana, Mantan Dirjen BBC Mundur

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 22:55 WIB
buntut-penyelidikan-skandal-wawancara-putri-diana-mantan-dirjen-bbc-mundur
Tony Hall, mantan Direktur Jenderal BBC yang mundur dari jabatan Ketua Galeri Nasional Inggris, menyusul penyelidikan atas skandal wawancara mendiang Putri Diana dalam program 'Panorama' di BBC pada tahun 1995 silam. (Sumber: bbc.com )
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV – Mantan Direktur Jenderal BBC Tony Hall mengundurkan diri dari posisinya sebagai Ketua Galeri Nasional Inggris seiring penyelidikan atas perannya dalam skandal wawancara Putri Diana dalam program “Panorama” BBC pada tahun 1995 silam.

“Hari ini saya mengundurkan diri sebagai Ketua Galeri Nasional,” kata Hall dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (22/5/2021) seperti dilansir dari Variety.

“Saya selalu memiliki rasa pelayanan publik yang kuat dan sudah jelas bahwa jika saya tetap berada dalam posisi saya sekarang, ini akan mengganggu institusi yang sangat saya pedulikan.” tambahnya.

Baca Juga: Integritas BBC Dipertanyakan Terkait Wawancara Mendiang Putri Diana yang Kontroversial

Lebih lanjut Hall menambahkan, “Seperti yang saya katakan dua hari lalu, saya sangat minta maaf atas kejadian 25 tahun lalu dan saya percaya, kepemimpinan berarti mengambil tanggung jawab.”

Sebuah penyelidikan independen atas wawancara program 'Panorama' BBC di tahun 1995 dengan Putri Diana yang dilakukan oleh jurnalis Martin Bashir, digelar.

Penyelidikan itu menemukan fakta bahwa BBC “tidak memenuhi standar integritas dan transparansi yang tinggi yang merupakan ciri khasnya”.

Penemuan penyelidikan yang dipimpin oleh pensiunan hakim Lord Dyson, yang dipublikasikan pada Kamis lalu (20/5/2021), juga menyoroti dengan kritis peran Hall.

Ketika itu, Hall menjabat sebagai Kepala Pemberitaan dan Current Affairs BBC. Laporan setebal 127 halaman milik Dyson menyebut bahwa penyelidikan Hall terkait sejumlah keluhan yang mengemuka pada saat itu, “sangat tidak efektif”.

Baca Juga: Pernyataan Meghan Markle Disebut Punya Potensi Lebih Berbahaya Ketimbang Putri Diana

Menanggapi laporan Dyson, Hall mengeluarkan sebuah pernyataan pada Jumat (21/5/2021).

“Saya telah membaca laporan Lord Dyson, dan saya menerima bahwa penyelidikan kami 25 tahun terkait bagaimana ‘Panorama’ mendapatkan wawancara dengan Putri Diana, jauh dari apa yang disyaratkan,” papar Hall.

“Dalam persepsi saya, ada langkah-langkah selanjutnya yang dapat dan seharusnya kami ambil menyusul keluhan-keluhan tentang perilaku Martin Bashir,” imbuh Hall.

“Saya salah telah memberi angin pada Martin Bashir atas dasar keraguan saya, berdasarkan atas penilaian saya bahwa ia tampak benar-benar sangat menyesal.” ungkapnya.

Baca Juga: BBC Tunjuk Hakim Senior Pimpin Penyelidikan Wawancara Kontroversial Putri Diana

“Sepanjang 35 tahun karir saya di BBC, saya selalu bertindak dengan cara yang saya yakini adil, tidak memihak dan mengutamakan kepentingan publik,” tegas Hall.

“Meskipun Lord Dyson tidak mengkritisi integritas saya, saya meminta maaf karena penyelidikan kami gagal memenuhi standar yang seharusnya.”

Pada Januari 2020, Hall ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengawas Galeri Nasional, bersamaan dengan pengumuman pengunduran dirinya dari posisi Direktur Jenderal BBC.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x