Kompas TV internasional kompas dunia

Pfizer dan Moderna Kembangkan Vaksin Khusus Omicron, Siap Dijual Tengah Tahun

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 11:49 WIB
pfizer-dan-moderna-kembangkan-vaksin-khusus-omicron-siap-dijual-tengah-tahun
Pfizer dan Moderna mengembangkan vaksin khusus varian Omicron dan siap dijual jelang pertengahan tahun (11/1/2022). (Sumber: AP)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV - Pfizer berencana meluncurkan vaksin khusus varian Omicron pada Maret mendatang. CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan, perusahaannya juga sedang menyiapkan vaksin untuk varian lainnya.

Dalam mengembangkan vaksin Omicron, Pfizer bekerja sama dengan BioNTech. Keduanya kini sudah mulai memproduksi vaksin hybrid yang bisa menangkal Omicron dan varian lainnya.

"Saat ini kami sedang memproses persetujuan Otoritas terkait dan akan kami rilis pada bulan Maret," kata Bourla seperti dikutip dari Financial Times, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Umrah di Tengah Ancaman Omicron, Ini yang Harus Diperhatikan Menurut Epidemiolog

Bourla belum bisa mengungkapkan bagaimana mekanisme penggunaan vaksin Pfizer khusus Omicron itu. Ia menyampaikan ada sejumlah negara yang meminta agar pembuatan vaksin khusus Omicron dipercepat.

"Alasannya, beberapa negara menginginkannya siap sesegera mungkin," ujar Bourla.

Sama seperti Pfizer, Moderna juga tengah mengembangkan vaksin booster khusus Omicron. Rencananya, Vaksin Moderna itu akan dirilis pada pertengahan tahun ini.

Baca Juga: Waduh! Muncul Varian Baru Covid-19 Deltacron Gabungan Omicron dan Delta, Ditemukan di Siprus

CEO Moderna Stéphane Bancel optimistis, vaksin booster Moderna ampuh terhadap varian Omicron. Selain itu, Moderna juga menyatakan sanggup memasok 2-3 miliar vaksin tahun ini.

Sebelumnya, penasihat medis Gedung Putih Anthony Fauci, mempertanyakan perlunya vaksin khusus Omicron. Menurutnya,  dosis booster vaksin Covid-19 yang ada sudah cukup untuk melawan varian tersebut.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x