Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Kremlin Tidak Menyampingkan Pertemuan Presiden Rusia dan Ukraina, Selama Ada Hasil Bersama

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 22:20 WIB
kremlin-tidak-menyampingkan-pertemuan-presiden-rusia-dan-ukraina-selama-ada-hasil-bersama
Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov. Kantor presiden Rusia mengatakan mereka tidak menyampingkan pertemuan Vladimir Putin dan Volodymyr Zelinskyy selama ada hasil dan kesepakatan bersama. (Sumber: TASS / Mikhail Metzel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Kantor presiden Rusia, Kremlin, menyatakan tidak menyampingkan kemungkinan pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Namun Kremlin menekankan, pertemuan itu harus benar-benar dipersiapkan untuk mendapatkan hasil dan kesepakatan bersama.

"Tidak ada yang menyampingkan kemungkinan pertemuan antara Putin dan Zelenskyy. Secara teori, itu memang mungkin," kata Juru Bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov, Jumat (11/3/2022), seperti dilaporkan kantor berita Rusia TASS.

Pernyataan itu untuk mengomentari perkataan Juru Bicara Presiden Turki Ibrahim Kalin bahwa pertemuan antara presiden Rusia dan Ukraina mungkin terjadi dalam waktu dekat di masa depan.

Baca Juga: Ekonomi Rusia Terancam Keok: Inflasi 20 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Anjlok 8 Persen

Kantor presiden Rusia mengatakan mereka tidak menyampingkan pertemuan Vladimir Putin dan Volodymyr Zelinskyy selama ada hasil dan kesepakatan bersama (Sumber: NY Post)

Baca Juga: Makin Gawat, Putin Setuju Usulan Sukarelawan Tempur Timur Tengah Masuk Ukraina Bela Rusia

Pada saat yang sama, juru bicara Kremlin memberikan catatan untuk mencapai tahap pertemuan kedua pemimpin pemerintahan tersebut. "Pertama, delegasi dan menteri perlu melakukan pekerjaan mereka untuk memastikan (kedua) presiden tidak bertemu hanya demi proses dan percakapan (saja), tetapi mengadakan pertemuan untuk mencapai hasil."

"Posisi Rusia tiada ada rahasia, telah dirumuskan dan menjadi perhatian para perunding Ukraina. Kami menunggu untuk menerima klarifikasi mereka," tambah Peskov.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menegaskan usai pertemuan dengan rekannya dari Ukraina Dmitry Kuleba pada hari Kamis, Putin tidak pernah menolak untuk mengadakan kontak atau pertemuan, tetapi Moskow tidak mau ada pertemuan hanya demi sebuah pertemuan melainkan ingin membuat hasil yang spesifik dan kesepakatan bersama.

 



Sumber : TASS



BERITA LAINNYA



Close Ads x