Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Dampak Sanksi Barat, Citigroup Akan Tutup Layanan Consumer Banking di Rusia

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 10:44 WIB
dampak-sanksi-barat-citigroup-akan-tutup-layanan-consumer-banking-di-rusia
Logo Citibank terlihat di papan di St. Petersburg International Economic Forum 2017 (SPIEF 2017) di St. Petersburg, Rusia, 1 Juni 2017. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS.TV - Citigroup akan menutup unit bisnis consumer banking nya di Rusia dan akan menjualnya ke investor lain. Hal itu dilakukan karena bisnis Citi di Rusia sudah merugi, lantaran sederet sanksi dari Barat.

Akibat sanksi tersebut, pendapatan Citi Rusia anjlok menjadi sebesar 32 juta dollar AS pada kuartal I-2022, turun 6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Jumlah pendapatan itu terbilang sangat kecil, karena dalam kondisi normal, Citi Rusia bisa mencetak pendapatan hingga 19 miliar dollar AS per kuartal.

Mengutip dari Antara, Selasa (10/5/2022), Rusia Citigroup juga sudah tidak melayani pembukaan rekening baru dan mengurangi penjualan produk investasinya kepada nasabah. 

Selain menjual kini bisnis consumer banking, Citi juga dikabarkan ingin menjual bisnis commercial bankingnya di Rusia. Layanan perbankan komersial adalah bisnis yang melayani perusahaan-perusahaan kecil.

Baca Juga: India Borong Gas Alam Rusia dengan Harga Diskon, Cuek dengan Sanksi Barat atas Energi dari Rusia

Meski begitu, Citi akan tetap melayani bisnis untuk klien korporat multinasional. Manajemen Citi menyatakan, sanksi Barat telah meningkatkan risiko operasional bisnisnya, termasuk peningkatan kontrol operasional dan pengawasan manajemen untuk menjaga kepatuhan dan meminimalkan gangguan pada operasi klien.

Di sisi lain, regulator Rusia disebut sedang menyelidiki penggunaan komunikasi yang tidak sah oleh karyawan, tanpa menyebutkan nama mereka. Pada Februari, Citi mengungkapkan bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa Rusia sedang menyelidiki masalah tersebut.

Baca Juga: Bom Rusia Hantam Sekolah di Luhansk, 60 Orang Tewas, PBB Terkejut

Selain di Rusia, Citigroup juga keluar dari bisnis consumer banking di 13 negara, termasuk Indonesia.

Layanan consumer banking Citi di Indonesia meliputi kartu kredit, kredit tanpa agunan, kantor cabang retail, layanan pengelolaan kekayaan (wealth management), layanan nasabah perbankan individual yang terdiri dari Citigold, Citi Priority dan Citi Banking, layanan perbankan digital, bancassurance, dan layanan perbankan melalui telepon / CitiPhone, operasional consumer.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x