Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Pegang Pucuk Pimpinan ASEAN Committee di Selandia Baru

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 19:48 WIB
indonesia-pegang-pucuk-pimpinan-asean-committee-di-selandia-baru
Komisioner Tinggi Malaysia untuk Selandia Baru Nur Izzah Wong Mee Choo menyerahkan keketuaan ASEAN Committee in Wellington (ACW) kepada Dubes RI untuk Selandia Baru Fientje Maritje Suebu, Jumat (22/7/2022) di KBRI Wellington, Selandia Baru. (Sumber: KBRI Wellington.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Selandia Baru menerima penyerahan keketuaan ASEAN Committee in Wellington (ACW) di KBRI Wellington, Jumat (22/7/2022). 

Penyerahan keketuaan dilakukan oleh Komisioner Tinggi Malaysia untuk Selandia Baru Nur Izzah Wong Mee Choo kepada Dubes RI untuk Selandia Baru Fientje Maritje Suebu. Dubes Fientje akan menjadi Ketua ACW untuk periode Juli-Desember 2022.

“Sekarang setelah pembatasan Covid-19 di Selandia Baru telah dilonggarkan, saya berharap kami dapat mengejar beberapa agenda ASEAN Committee in Wellington yang tertunda dari tahun 2021 dan 2022,” ujar Dubes Fientje.

Baca Juga: Dubes Fientje Suebu Serahkan Surat Kepercayaan kepada Raja Tonga

Penyerahan keketuaan ACW ini turut dihadiri oleh 10 orang perwakilan beberapa negara-negara anggota ASEAN, salah satunya adalah Duta Besar Thailand untuk Selandia Baru Pornpop Uamphidaya.

ACW merupakan sebuah wadah untuk perwakilan negara-negara ASEAN di Wellington, yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Keberadaan komite ASEAN merupakan ciri khas yang juga terdapat di berbagai negara di dunia, untuk memperkuat hubungan regional negara-negara ASEAN di berbagai wilayah perwakilan.

Baca Juga: Bikin Bangga, Baju Batik Produksi Selandia Baru Dipamerkan di Negara Kiwi

Selama ini, ACW telah sangat aktif dalam meningkatkan hubungan dengan Selandia Baru serta aktif menyelenggarakan kegiatan di kalangan komunitas di Selandia Baru seperti dalam kegiatan olahraga, hari keluarga, serta peringatan ASEAN Day yang diselenggarakan setiap tanggal 8 Agustus.

Kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ACW diharapkan dapat menjadikan ASEAN Committee in Wellington sebagai wadah untuk lebih memperkuat hubungan ASEAN dengan Selandia Baru.
 



Sumber : KBRI Wellington



BERITA LAINNYA



Close Ads x