Kompas TV internasional kompas dunia

Kronologi Satu WNI Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Yunani, Tak Sadarkan Diri setelah Tenggelam

Kompas.tv - 16 Desember 2022, 08:35 WIB
kronologi-satu-wni-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat-di-yunani-tak-sadarkan-diri-setelah-tenggelam
Upaya penyelamatan WNI korban kecelakaan pesawat oleh penjaga pantai di laut sekitar Pulau Kreta, Yunani, Kamis (15/12/2022). (Sumber: cretapost.gr)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

HERAKLIO, KOMPAS.TV - Satu orang warga negara Indonesia (WNI) berjenis kelami laki-laki berusia sekitar 60 tahun meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat di Yunani, Kamis (15/12/2022) siang waktu setempat.

Melansir dari media Yunani, Cretapost, WNI itu menjadi satu dari dua penumpang pesawat yang jatuh dan tenggelam perlahan di perairan sekitar Pulau Kreta, Yunani.

Belum diketahui nama WNI korban kecelakaan pesawat itu. Akan tetapi, WNI itu diketahui terbang bersama satu orang dewasa berusia 30-an tahun yang berasal dari Afrika Selatan dengan rute Podgorica, Montenegro menuju Hurghada, Mesir pada Senin (12/12/2022). 

Pesawat berhenti di Bandara Heraklio untuk singgah dan kembali melanjutkan perjalanan pada Kamis pagi waktu setempat.

Adapun WNI dan warga Afrika Selatan itu dievakuasi oleh tim gabungan, yang terdiri dari penjaga pantai, polisi, pemadam kebakaran, dan angkatan udara Yunani untuk dibawa ke rumah sakit (RS) terdekat di Heraklio.

Baca Juga: Kemenlu Sebut WNI Korban Perusahaan Online Scam Meningkat, Pulangkan 679 Orang Sejak 2020

Saat dievakuasi oleh penjaga pantai sekitar pukul 11.00 waktu setempat, WNI laki-laki itu dalam keadaan tak sadarkan diri, sedangkan warga Afrika Selatan diketahui masih hidup dan dilarikan ke RS Heraklio.

Sekitar pukul 11.30 tim gabungan telah melakukan upaya penyelamatan terhadap WNI tersebut, namun ia tak juga sadarkan diri dan dinyatakan meninggal dunia.


Dua orang itu dilaporkan mengendarai pesawat bermesin tunggal yang terdaftar di Indonesia.

Masih belum diketahui penyebab kecelakaan pesawat di Yunani tersebut.

Akan tetapi, pilot pesawat sempat mengirim sinyal Mayday atau panggilan darurat beberapa jam setelah lepas landas dari Heraklion, Pulau Kreta.

Rekaman di dalam layanan pelacakan penerbangan Flightradar24 juga menunjukkan bahwa pesawat tersebut sempat berbalik arah setelah mengirim panggilan darurat.

Sayangnya, pesawat itu tak pernah mencapai bandara karena jatuh dari ketinggian 430 meter ke laut bersuhu dingin yang berada sekitar 7 kilometer dari Kota Heraklion.

Baca Juga: 34 WNI Korban Penyekapan di Kamboja Sudah Bebas, Masih Jalani Pemeriksaan

Saksi mata melaporkan, saat tenggelam perlahan pada sekitar pukul 10.00 waktu setempat, dua orang penumpang pesawat itu berusaha menyelamatkan diri.

Kapal penjaga pantai di sekitar lokasi kejadian jatuhnya pesawat itu pun lantas menolong korban satu per satu.



Sumber : cretapost.gr


BERITA LAINNYA



Close Ads x