Kompas TV internasional kompas dunia

Kenaikan Gaji Lebih Rendah dari Tingkat Inflasi, Perawat Inggris Ancam Mogok Kerja Awal Tahun 2023

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 04:40 WIB
kenaikan-gaji-lebih-rendah-dari-tingkat-inflasi-perawat-inggris-ancam-mogok-kerja-awal-tahun-2023
Perawat akan kembali mogok kerja di Inggris bulan depan karena serikat pekerja dan pemerintah sama-sama ngotot dalam perselisihan tentang gaji. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV – Perawat akan kembali mogok kerja di Inggris bulan depan karena serikat pekerja dan pemerintah sama-sama ngotot dalam perselisihan tentang gaji.

Seperti dilansir Straits Times, Jumat (23/12/2022), langkah tersebut mengancam awal tahun yang kacau untuk Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) setelah pekerja ambulans juga mengumumkan tanggal pemogokan tambahan.

Royal College of Nursing (RCN) atau sekolah tinggi perawat kerajaan pada Jumat (23/12) mengatakan anggota mereka akan mogok pada 18 dan 19 Januari, menyusul dua hari aksi industrial bersejarah berupa pemogokan nasional pada bulan Desember.

Ini merupakan pemogokan kali pertama terjadi dalam skala luas sejak serikat pekerja didirikan lebih dari seabad yang lalu.

"Pemerintah punya kesempatan mengakhiri perselisihan ini sebelum Natal, tetapi sebaliknya mereka memilih untuk mendorong staf perawat ke dalam cuaca dingin lagi di bulan Januari," kata Pat Cullen, Sekretaris Jenderal RCN.

Di hari yang sama, Perdana Menteri Rishi Sunak bersikeras lagi, pemerintah tidak akan menaikkan gaji lebih dari tingkat yang direkomendasikan oleh badan peninjauan gaji.

Pada Kamis (22/12), kelompok buruh Unison menyatakan pekerja ambulans akan melakukan aksi industri lebih lanjut pada 11 dan 23 Januari.

Baca Juga: Ambulans dan Paramedis Mogok Massal, Pemerintah Inggris Nasihati Warga: Jangan Mabuk-mabukan!

Seorang perawat sedang melatih tentara yang turun tangan menyusul rencana mogok massal pekerja ambulans darurat di Inggris. Perawat akan kembali mogok kerja di Inggris bulan depan karena serikat pekerja dan pemerintah sama-sama ngotot dalam perselisihan tentang gaji. (Sumber: AP Photo)

Pemogokan akan melibatkan lebih banyak karyawan ambulans, bukan hanya kru tanggap darurat yang keluar pada Rabu lalu, katanya.

Aksi tersebut juga akan berlangsung lebih lama dari pemogokan 12 jam awal pekan ini, dengan masing-masing set berlangsung selama sehari penuh di sebagian besar Inggris, termasuk London.

Sebuah serikat pekerja terpisah, GMB, pada Jumat mengatakan mereka menangguhkan pemogokan pada 28 Desember sebagai wujud iktikad baik kepada publik. Namun, diumumkan, mereka akan bergabung dengan Unison pada 11 Januari.

Para menteri secara konsisten mengatakan mereka tidak akan membahas kenaikan gaji yang lebih tinggi untuk staf NHS daripada rekomendasi panel independen di awal tahun, yang rata-rata hanya di bawah 5 persen untuk perawat.

Inflasi meningkat di atas 10 persen dalam beberapa bulan terakhir, yang menurut pemerintah akan diperhitungkan dalam tinjauan gaji tahun 2023.

“Mempercepat proses badan peninjauan pembayaran tahun depan tidak akan menyelesaikan perselisihan saat ini, yaitu tentang jumlah yang menyedihkan yang diberikan pemerintah kepada petugas kesehatan tahun ini,” kata Sekretaris Jenderal Unison Christina McAnea.

Serikat pekerja kesehatan mengatakan mereka bersedia membatalkan pemogokan jika negosiasi dilakukan. Pemimpin mereka berpendapat, badan peninjauan gaji tidak sepenuhnya independen karena mereka beroperasi dalam parameter yang ditetapkan oleh pemerintah.


 

 



Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x