Kompas TV internasional kompas dunia

Wow, Evergreen Taiwan Beri Bonus Akhir Tahun Karyawan hingga 52 Kali Gaji, Junior dapat Rp1 Miliar!

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 19:04 WIB
wow-evergreen-taiwan-beri-bonus-akhir-tahun-karyawan-hingga-52-kali-gaji-junior-dapat-rp1-miliar
Arsip foto kapal Evergreen di Terusan Suez, Mesir, pada Senin 29 Maret 2021. Perusahaan kargo asal Taiwan tersebut dilaporkan telah memberi bonus akhir tahun 2022 senilai 52 kali gaji kepada karyawannya. (Sumber: Suez Canal Authority via AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

TAIPEI, KOMPAS.TV - Perusahaan jasa kargo asal Taiwan, Evergreen, dilaporkan telah memberi bonus akhir tahun untuk karyawannya hingga 52 kali lipat dari gaji bulanan.

Menukil laporan Straits Times, pekerja level junior dengan gaji NT$40.000 (Rp20,3 juta) per bulan, akhir tahun ini membawa pulang bonus senilai NT$2 juta atau sekitar Rp1 miliar dalam kurs terbaru.

Pembayaran bonus tahun 2022 bahkan lebih tinggi dari bonus 40 kali lipat pada akhir 2021. Padahal, saat itu nominal bonus telah mencetak rekor tertinggi yang pernah dibayarkan oleh perusahaan Taiwan.

Baca Juga: Cerita Turis Australia Alami Trauma usai Kapal Cepat yang Mereka Tumpangi Tenggelam di Laut Bali

Tingginya bonus akhir tahun ini tak lepas dari rebound bisnis jasa kargo sepanjang lockdown pandemi, termasuk melejitnya harga pengiriman kargo.

Perusahaan tersebut melaporkan laba bersih sebesar NT$304,35 miliar untuk tiga kuartal pertama tahun 2022. Sementara laporan tahunan lengkap selama empat kuartal diperkirakan baru akan rilis pada Maret 2023 mendatang.

"Perusahaan memiliki pendapatan yang baik dan kelebihan uang tunai," kata Profesor Chiou Jiunn-rong, ahli ekonomi dari National Central University di Taiwan.

"Karena tidak secara agresif memperluas operasi bisnis, ia (Evergreen -red) memberikan sebagian dari uang itu dalam bentuk bonus, sebagai penghargaan kepada karyawan, yang menurut saya sangat masuk akal," sambung Chiou.

Baca Juga: WHO Tuding China Tak Beri Data Covid-19 yang Mewakili Tingkat Keparahan Wabah


 



Sumber : Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x