Kompas TV internasional kompas dunia

Donald Trump dengan Wajah Keras Tegaskan Tidak Bersalah di Sidang Pertama Kasus Uang Tutup Mulut

Kompas.tv - 5 April 2023, 13:42 WIB
donald-trump-dengan-wajah-keras-tegaskan-tidak-bersalah-di-sidang-pertama-kasus-uang-tutup-mulut
Donald Trump dengan suara tegas mengaku tidak bersalah dalam penampilan bersejarah di hadapan hakim pada hari Selasa, (4/4/2023) di pengadilan New York.  (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV — Donald Trump memalingkan kepalanya ke arah fotografer saat ia duduk di meja pembela di ruang sidang Manhattan tengah dengan wajah tegang dan bahu tertunduk, di depannya hakim duduk menjalankan persidangan.

"Dalam posisi tidak bersalah," kata Donald Trump dengan suara tegas dalam penampilan bersejarah di hadapan hakim pada hari Selasa, (4/4/2023) di pengadilan New York. 

Seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Rabu, (5/4/2023), Trump menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang didakwa dengan kejahatan, baik sebagai mantan maupun saat menjabat.

Jaksa penuntut menyatakan dalam dakwaan pidana sebanyak 34 pasal bahwa Trump bersekongkol untuk mempengaruhi secara ilegal pemilihan presiden 2016 melalui pembayaran uang damai atau uang tutup mulut kepada dua perempuan, termasuk seorang pelakon film panas, yang mengaku telah melakukan hubungan seks dengannya.

Selain itu, dokumen dakwaan mengatakan ada pembayaran uang kepada seorang penjaga pintu yang mengklaim memiliki cerita tentang seorang anak di luar nikah yang diduga ayahnya adalah Trump.

Argumen di ruang sidang Manhattan adalah tontonan yang menakjubkan - dan merendahkan - bagi mantan presiden pertama yang pernah menghadapi tuntutan pidana. 

Dengan Trump menonton dalam diam, jaksa secara blak-blakan menuduhnya melakukan tindak pidana dan menyiapkan panggung untuk kemungkinan pengadilan pidana di kota tempat dia menjadi selebritas beberapa dekade lalu.

Dakwaan tersebut berpusat pada tuduhan bahwa Trump memalsukan catatan bisnis internal di perusahaan pribadinya saat mencoba menutupi upaya untuk mempengaruhi pemilu 2016 secara ilegal dengan mengatur pembayaran yang membungkam klaim yang berpotensi membahayakan pencalonannya. 

Baca Juga: Trump Didakwa dengan 34 Tuduhan Kejahatan terkait Uang Tutup Mulut Perselingkuhan

Berkas kasus Donald Trump. Tidak bersalah, kata Donald Trump dengan suara tegas dalam penampilan bersejarah di hadapan hakim pada hari Selasa, (4/4/2023) di pengadilan New York.  (Sumber: AP Photo)

Secara detail, dakwaan mencakup 34 hitungan catatan palsu terkait cek yang dikirim Trump ke pengacara pribadinya dan pemecah masalah untuk mengganti uangnya atas perannya dalam membayar bintang porno yang mengaku melakukan hubungan seksual di luar nikah dengan Trump bertahun-tahun sebelumnya.

"Terdakwa, Donald J. Trump, memalsukan catatan bisnis New York untuk menyembunyikan konspirasi ilegal yang merusak integritas pemilihan presiden 2016 dan pelanggaran undang-undang pemilu lainnya," kata Asisten Jaksa Wilayah Christopher Conroy.

Sebelumnya, Trump menunjukkan sikap yang melawan, mengangkat tinju yang ditekuk saat ia keluar dari Trump Tower untuk perjalanan singkat dari pusat kota ke Lower Manhattan. Ia mengenakan setelan jas biru gelap, kemeja putih, dan dasi merah.

Helikopter berita televisi mengikuti rute rombongan mobilnya, memungkinkan pemirsa di seluruh dunia melihat mantan presiden tiba di Pengadilan Pidana New York.


 

Namun para pengunjuk rasa yang berkumpul di sebuah taman di seberang jalan tidak dapat melihat Trump saat ia berjalan singkat dari SUV-nya masuk ke gedung pengadilan untuk diadili.

Para pendukung Trump, banyak yang mengenakan topi merah, mengecam tindakan jaksa penuntut, sementara pengunjuk rasa yang berlawanan bersorak menyambut dakwaan tersebut. Mereka hampir diimbangi oleh petugas kepolisian dan wartawan.

Sidang berlangsung sekitar satu jam dan kerumunan kecil berkurang setelah kabar menyebar bahwa Trump telah meninggalkan gedung.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x