Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Saudi Kunjungi Assad di Damaskus, Isolasi Arab ke Suriah Berakhir?

Kompas.tv - 18 April 2023, 23:05 WIB
menlu-saudi-kunjungi-assad-di-damaskus-isolasi-arab-ke-suriah-berakhir
Arisp. Presiden Suriah, Bashar Al Assad. Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dilaporkan mengunjungi Presiden Suriah Bashar Al-Assad di Damaskus, Selasa (18/4/2023). (Sumber: SANA via AP, File)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DAMASKUS, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dilaporkan mengunjungi Presiden Suriah Bashar Al-Assad di Damaskus, Selasa (18/4/2023). Menurut laporan media Suriah via Al Jazeera, Bin Farhan telah tiba di Damaskus pada hari ini.

Kunjungan Menteri Luar Negeri Saudi ke Damaskus dipandang sebagai langkah paling signifikan sejauh ini untuk mengakhiri isolasi regional Suriah. Negeri yang dipimpin Assad ini didepak dari Liga Arab dan diasingkan negara-negara Arab karena tindakan brutal ke demonstran pada 2011 yang berujung perang sipil sedekade lebih.

Baca Juga: Suriah dan Tunisia Pulihkan Hubungan Diplomatik Menyusul Gelombang Perdamaian di Timur Tengah

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mikdad telah mengunjungi Arab Saudi pada pekan lalu. Arab Saudi dan Suriah sendiri sepakat untuk menjalin kembali hubungan diplomatis pada Maret lalu.

Beberapa tahun belakangan, seiring keberhasilan Assad mengontrol sebagian besar Suriah, negara-negara Arab mulai mengambil langkah untuk menjalin kembali hubungan. 

Pada Selasa (18/4), Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mikdad pun dilaporkan mengunjungi Tunisia. Kementerian Luar Negeri Tunisia menyebut kunjungan ini sebagai langkah untuk memulihkan hubungan bilateral mereka.

Baca Juga: Arab Saudi Terima Kunjungan Bersejarah Iran dan Suriah Setelah Bertahun-tahun Terpecah


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x