Kompas TV internasional kompas dunia

Diundang TNI AL, China Kirim Kapal Tempur Canggih ke Indonesia, Ikut Latihan Maritim Komodo 2023

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 21:50 WIB
diundang-tni-al-china-kirim-kapal-tempur-canggih-ke-indonesia-ikut-latihan-maritim-komodo-2023
Kapal perusak rudal Zhanjiang akan ikut latihan bersama dengan TNI AL serta negara-negara lain awal bulan Juni dalam latihan Komodo-2023. (Sumber: China Defence Ministry)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - China akan mengirim kapal perangnya untuk berpartisipasi dalam latihan angkatan laut multilateral yang diselenggarakan oleh TNI AL pada awal bulan Juni seperti laporan Kementerian Pertahanan China, Rabu (31/5/2023).

Indonesia seperti laporan Straits Times, latihan bersama itu juga mengundang negara-negara seperti Korea Utara, Rusia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat (AS) di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah Asia-Pasifik.

Angkatan Laut China menyatakan mereka akan hadir karena undangan dari TNI AL. Kapal perusak Zhanjiang dan fregat Xuchang Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China akan berpartisipasi dalam latihan maritim bersama Komodo-2023.

Latihan bersama ini akan diadakan pada awal Juni di Indonesia, sesuai dengan pernyataan tertulis yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Nasional China, Rabu (31/5/2023).

Latihan ini diadakan saat China dan AS meningkatkan diplomasi militer di wilayah tersebut dengan sering menggelar latihan perang bersama dengan sekutu dan mitra di sekitar Taiwan, Selat Laut China Selatan yang sibuk, dan Samudera Pasifik barat.

Angkatan Laut China akan mengirimkan kapal perusak Zhanjiang dan fregat Xuchang yang dilengkapi dengan rudal pandu ke Latihan Angkatan Laut Multilateral Komodo 2023, demikian pernyataan Kementerian Pertahanan tersebut pada hari Rabu.

Baca Juga: Filipina dan AS Pamer Kekuatan Tempur Presisi Tinggi pada Latihan Militer Bersama, China Berang

Frigat peluru kendali China, Xuchang, yang dikirim dalam latihan bersama dengan TNI-AL awal Juni nanti. China akan mengirim kapal perangnya untuk berpartisipasi dalam latihan angkatan laut multilateral yang diselenggarakan oleh TNI AL pada awal bulan Juni seperti laporan kementerian pertahanan China, Rabu, (31/5/2023). (Sumber: Ship Spotting)

Pada bulan Desember lalu, Indonesia mengundang angkatan laut dari 47 negara, termasuk China, untuk berpartisipasi dalam latihan ini yang akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 8 Juni di Makassar. Ini akan menjadi latihan keempat sejak yang pertama kali diadakan pada tahun 2014.

Latihan Komodo terakhir berlangsung pada tahun 2018 sebelum dihentikan karena pandemi Covid-19. Saat itu, China juga mengirimkan dua kapal perang, yakni kapal perusak Changsha dan fregat Liuzhou, keduanya juga dilengkapi dengan rudal berpemandu.

Minggu lalu, militer China mengumumkan rencananya untuk mengadakan latihan bersama, yakni Latihan Amana Youyi-2023, dengan beberapa negara anggota kelompok regional ASEAN, termasuk Kamboja, Laos, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.



Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x