Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Siap Gunakan Mata Uang Nasional dalam Perdagangan dengan Afrika

Kompas.tv - 30 Juli 2023, 04:05 WIB
rusia-siap-gunakan-mata-uang-nasional-dalam-perdagangan-dengan-afrika
Moskow siap beralih ke mata uang nasional dalam perdagangan dengan negara-negara Afrika, kata Wakil Perdana Menteri Rusia, Alexey Overchuk, dalam wawancara dengan TASS di sela-sela KTT Rusia-Afrika kedua. (Sumber: TASS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ST. PETERSBURG, KOMPAS.TV - Moskow siap beralih ke mata uang nasional dalam perdagangan dengan negara-negara Afrika, kata Wakil Perdana Menteri Rusia, Alexey Overchuk, dalam wawancara dengan TASS di sela-sela KTT Rusia-Afrika kedua.

"Kami punya pengalaman sukses untuk penggunaan mata uang nasional di dalam Uni Ekonomi Eurasia dan kami siap untuk berbagi pengalaman ini. Kami juga siap untuk melakukan perdagangan dengan Afrika, terutama dalam rubel Rusia, selama para pelaku ekonomi merasa nyaman," kata Overchuk seperti laporan TASS, Sabtu (29/7/2023).

Menurut Overchuk, beralih ke mata uang nasional dalam pembayaran perdagangan adalah tren global. "Semua orang mengerti penggunaan mata uang cadangan tradisional sebagai alat pembayaran membawa risiko ekonomi dan politik yang jelas, dan semua orang ingin mengurangi risiko ini. Inilah sebabnya mengapa kita melihat negara-negara Afrika beralih ke pembayaran dalam mata uang nasional," tambahnya.

Negara-negara Afrika masih menderita dari sisa-sisa kolonialisme - terutama dalam bidang ekonomi, kata Presiden Rusia, Vladimir Putin, selama pertemuan penuh KTT Rusia-Afrika. Sementara itu, Rusia berusaha meringankan beban utang negara-negara Afrika.

Para pemimpin Afrika berbicara tentang pentingnya kerjasama dalam bidang keamanan, termasuk keamanan pangan, sementara Rusia membagikan rencananya untuk meningkatkan kehadirannya secara demokratis di benua tersebut.

Dalam KTT tersebut Rusia menyatakan akan mengalokasikan lebih dari USD90 juta untuk mengurangi beban utang negara-negara Afrika, dengan total utang mereka yang dihapus oleh Moskow mencapai USD23 miliar.

Baca Juga: NYELENEH! Ukraina Pindahkan Tanggal Hari Natal Agar Tak Sama dengan Rusia, Alasannya Cuma karena Ini

Presiden Rusia Vladimir Putin saat KTT Rusia - Afrika di depan puluhan pemimpin negara Afrika mengatakan Rusia siap mencari cara untuk mencapai penyelesaian damai atas situasi di sekitar Ukraina, meskipun Barat selalu bertindak semata-mata untuk kepentingan mereka sendiri. (Sumber: TASS)

Menurut Duta Besar Rusia untuk Urusan Khusus, kepala Sekretariat Forum Kemitraan Rusia-Afrika, Oleg Ozerov, masalah utang negara-negara Afrika sebelum Rusia saat ini telah diselesaikan sebesar 90%.

"Ada beberapa masalah keuangan, tetapi kami tidak berbicara tentang utang langsung. Kami berbicara tentang kesepakatan keuangan tertentu dan kewajiban para pihak," katanya.

Negara-negara Barat berusaha mempertahankan "posisi dominan mereka di Afrika, mencegah reformasi dan memberikan tekanan, dengan menggunakan utang keuangan, yang menghancurkan ekonomi dan meningkatkan kemiskinan," kata Ketua Dewan Presiden Libya, Mohamed al-Menfi.

Warisan kolonialisme para sekutu Afrika, termasuk Rusia, India, dan Cina, dapat membeli produk jadi dari Afrika daripada bahan baku, kata Presiden Uganda Yoweri Kaguta Museveni.

Menggunakan kopi sebagai contoh, Museveni menunjukkan nilai tambah barang jadi yang diproduksi di luar wilayah Afrika.

"Ini adalah masalah yang memperlambat pertumbuhan Afrika," katanya.

Putin menunjukkan bahwa beberapa sisa-sisa kolonialisme belum dihapus sampai saat ini dan "masih dilakukan oleh metropolis - terutama dalam bidang ekonomi, informasi, dan kemanusiaan."

 



Sumber : TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x