Kompas TV internasional kompas dunia

Senator Negara Bagian Dakota Utara dan Keluarga Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 11:36 WIB
senator-negara-bagian-dakota-utara-dan-keluarga-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat
Bunga mawar diletakkan di meja Senat mendiang Senator negara bagian Dakota Utara dari Partai Republik Doug Larsen, di Capitol negara bagian Senin, 2 Oktober 2023, di Bismarck, Dakota Utara, Amerika Serikat. Larsen, istrinya Amy, dan dua anak kecil mereka meninggal hari Minggu dalam kecelakaan pesawat di Utah. (Sumber: AP Photo/Jack Dura)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

BISMARCK, KOMPAS.TV — Seorang senator negara bagian dari North Dakota, tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Utah, Amerika Serikat. Ia menerbangkan pesawat tersebut bersama istri dan dua anak mereka yang masih kecil sebagai penumpang. Istri dan anak-anaknya juga tewas dalam kecelakaan yang sama.

“Pesawat tersebut jatuh setelah berhenti untuk mengisi bahan bakar di Utah,” kata seorang pemimpin Senat, Senin (2/10/2023).

Kematian Doug Larsen dikonfirmasi pada hari Senin melalui email yang dikirim oleh Pemimpin Mayoritas Senat Partai Republik David Hogue kepada sesama senator.

Menurut pernyataan Departemen Sheriff Grand County, pesawat itu jatuh pada Minggu malam tak lama setelah lepas landas dari Canyonlands Airfield. Kantor sheriff mengatakan senator adalah pilot pesawat tersebut, dan penumpangnya adalah keluarganya.

“Senator Doug Larsen, istrinya Amy, dan dua anak kecil mereka tewas dalam kecelakaan pesawat tadi malam di Utah,” tulis Hogue dalam emailnya. “Mereka mengunjungi keluarga di Scottsdale dan kembali ke rumah. Mereka berhenti untuk mengisi bahan bakar di Utah,” tambahnya.

Baca Juga: Suasana Latihan TNI AD Serang Pesawat Musuh Gunakan Rudal Buatan Perancis dan Inggris

“Saya tidak yakin di mana dukacita dimulai dengan tragedi seperti itu, tapi saya pikir itu dimulai dengan doa untuk kakek-nenek, anak tiri Senator Larsen yang masih hidup, dan keluarga besar Doug dan Amy,” tulis Hogue.


Buket mawar disampirkan di atas meja Larsen di ruang Senat, tepat di atas papan nama yang bertuliskan: “D. Larsen - Distrik 34.”

Jatuhnya pesawat Piper bermesin tunggal sedang diselidiki, kata Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dalam sebuah postingan di X, situs media sosial yang sebelumnya bernama Twitter.

Seorang juru bicara National Transportation Safety Board (NTSB) mengatakan seorang penyelidik diharapkan tiba di lokasi kejadian pada hari Senin untuk mulai mendokumentasikan tempat kejadian, memeriksa pesawat, meminta komunikasi lalu lintas udara, data radar, laporan cuaca dan mencoba menghubungi saksi mana pun. Selain itu, penyelidik akan meminta catatan perawatan pesawat, dan catatan medis serta riwayat penerbangan pilot.

“NTSB akan membuat laporan awal mengenai kecelakaan itu dalam beberapa minggu, diikuti dengan laporan akhir dalam satu setengah tahun,” kata Juru Bicara NTSB Fabian Salazar.

Larsen adalah seorang Republikan yang pertama kali terpilih menjadi anggota Senat Dakota Utara pada tahun 2020. Distriknya terdiri dari Mandan, kota yang bertetangga dengan Bismarck di barat melintasi Sungai Missouri. Larsen memimpin panel Senat yang menangani undang-undang industri dan bisnis. Dia dan istrinya, Amy, adalah pemilik bisnis.

Larsen bertugas selama 29 tahun di Garda Nasional Angkatan Darat Dakota Utara. Dia melakukan mobilisasi dua kali, ke Irak pada tahun 2009-10 dan ke Washington, D.C., dari tahun 2013-14, menurut kantor Gubernur Doug Burgum. Ia dianugerahi Medali Layanan Berjasa, Bintang Layanan Perunggu, dan Lencana Penerbang Angkatan Darat, serta penghargaan lainnya.

Mayor Jenderal Alan Dohrmann, yang merupakan ajudan jenderal Garda Nasional Dakota Utara, mengatakan, "Saya tidak dapat memikirkan kehilangan yang lebih tragis bagi satu keluarga, dan Garda Nasional Dakota Utara menyampaikan belasungkawa kami kepada semua (keluarga Larsen) teman dan keluarga. Doug adalah seorang patriot sejati yang mengabdikan hidupnya, baik di dalam maupun di luar seragam, untuk melayani orang lain. Saya merasa senang memanggilnya Brother in Arms.”

Baca Juga: Pesawat Rusia Meledak saat Mendarat hingga Timbulkan Bola Api, Diduga Bawa Tentara Wagner

Senator negara bagian Partai Republik Scott Meyer, yang duduk di belakang Larsen di Senat, mengenangnya karena selera humornya yang unik, keterusterangannya dalam berbagai isu, dan hasratnya untuk terbang. Dia mengenang suatu hari Sabtu sore di ruang Senat ketika Larsen berbicara dengan sesama senator selama kurang lebih satu jam tentang menerbangkan pesawat dan mengurus lisensi pilot pribadinya.


 

“Dia sangat tertarik dengan penerbangan. Memang benar,” kata Meyer.

Anggota Partai Republik di Distrik akan menunjuk penggantinya untuk mengisi sisa masa jabatan Larsen, hingga November 2024. Kursi Senatnya akan ditentukan melalui pemungutan suara tahun depan.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x