Kompas TV internasional kompas dunia

Jokowi Akan Sampaikan Hasil KTT Luar Biasa OKI kepada Biden: Israel Harus Bertanggung Jawab

Kompas.tv - 13 November 2023, 10:24 WIB
jokowi-akan-sampaikan-hasil-ktt-luar-biasa-oki-kepada-biden-israel-harus-bertanggung-jawab
Presiden RI Joko Widodo saat menyampaikan keterangan pers dari Washington, Amerika Serikat (AS), Minggu (12/11/2023). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo mengaku akan menyampaikan hasil-hasil KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Sabtu (11/11/2023) lalu kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Jokowi telah berada di Washington, AS dan hendak melawat ke Gedung Putih.

Sebelumnya, KTT Luar Biasa OKI menghasilkan pernyataan keras sehubungan serangan Israel ke Jalur Gaza yang berlangsung sejak 7 Oktober lalu. KTT Luar Biasa OKI sendiri menghasilkan sejumlah putusan, di antaranya menuntut Israel menghentikan agresi ke Palestina.

Baca Juga: Satu Bulan Israel Bantai 11 Ribu Jiwa di Gaza, Jokowi: Dunia Seolah Tidak Berdaya

"Saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina," kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan dari Washington, Minggu (12/11). 

"Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus diperluas dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan, dan Israel harus tanggung jawab atas kekejaman yang dilakukan," ucapnya.

Jokowi juga mengaku akan menyampaikan pesan dari Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas kepada Biden. Jokowi dan Abbas bertemu di sela KTT Luar Biasa OKI di Riyadh.

Di lain sisi, Jokowi pun menegaskan pihaknya akan melindungi WNI dan fasilitas publik di Gaza, termasuk Rumah Sakit Indonesia. Israel diketahui kerap menyerang fasilitas kesehatan dan tenaga medis selama menggempur Gaza.


"Saya ingin kembali tegaskan bahwa, dari sejak awal terjadinya serangan, pemerintah telah dan akan terus berupaya melindungi WNI dan fasilitas-fasilitas publik, termasuk Rumah Sakit Indonesia," kata Jokowi.

Baca Juga: Capres AS Desak Penyelidikan Kejahatan Perang Netanyahu dan Peran Joe Biden



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x