Kompas TV internasional kompas dunia

China Tiba-tiba Mencopot 9 Jenderal dalam Pembersihan Pucuk Militer dan Pejabat Pertahanan

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 16:35 WIB
china-tiba-tiba-mencopot-9-jenderal-dalam-pembersihan-pucuk-militer-dan-pejabat-pertahanan
China hari Sabtu, (30/12/2023) secara tiba-tiba mencopot sembilan jenderal tokoh militer dari Parlemen Nasional tanpa penjelasan, ketika pembersihan besar-besaran personel di tingkat tertinggi pertahanan negara meluas. Pemecatan tersebut tanda upaya Presiden China Xi Jinping membersihkan militer masih belum selesai. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti
China hari Sabtu, (30/12/2023) secara tiba-tiba mencopot sembilan jenderal tokoh militer dari Parlemen Nasional tanpa penjelasan, ketika pembersihan besar-besaran personel di tingkat tertinggi pertahanan negara meluas. Pemecatan tersebut tanda upaya Presiden China Xi Jinping membersihkan militer masih belum selesai. (Sumber: AP Photo)

BEIJING, KOMPAS.TV - China hari Sabtu, (30/12/2023) secara tiba-tiba mencopot sembilan jenderal tokoh militer dari Parlemen nasional tanpa penjelasan, ketika pembersihan besar-besaran personel di tingkat tertinggi pertahanan negara meluas.

Pemecatan tersebut adalah tanda bahwa upaya Presiden China, Xi Jinping, untuk membersihkan PLA yang hampir satu dekade masih belum selesai.

Badan legislatif teratas negara mencabut keanggotaan para pembuat undang-undang tersebut selama pertemuan pada 29 Desember, seperti yang dilaporkan oleh agensi berita resmi Xinhua yang dikutip oleh Bloomberg pada hari Minggu (31/12/2023).

Pemecatan mereka menambah daftar serangkaian pemecatan baru-baru ini yang menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana gejolak semacam itu akan mempengaruhi operasional militer China.

Lima dari jenderal yang dipecat berasal dari Pasukan Roket yang bersifat rahasia, termasuk mantan komandannya Jenderal Li Yuchao, yang sebelumnya dilaporkan menjadi subjek penyelidikan korupsi.

Setidaknya dua berasal dari Departemen Pengembangan Peralatan, yang musim panas ini membuka penyelidikan korupsi terkait pembelian perangkat keras sejak tahun 2017. Waktu penyelidikan tersebut tumpang tindih dengan masa jabatan mantan menteri pertahanan Li Shangfu yang memimpin departemen pengadaan.

Marsekal Ding Laihang, mantan komandan Angkatan Udara, juga dipecat pada 29 Desember, sementara yang kesembilan berasal dari angkatan laut. Pemecatan mereka menandai kali pertama cabang-cabang militer tersebut terlibat dalam pergeseran personel baru-baru ini.

Baca Juga: China Tunjuk Dong Jun Jadi Menteri Pertahanan, Eks Komandan Pasukan di Laut China Selatan

Mantan Menteri Pertahanan China Jenderal Li Shangfu. China hari Sabtu, (30/12/2023) secara tiba-tiba mencopot sembilan jenderal tokoh militer dari Parlemen nasional tanpa penjelasan, ketika pembersihan besar-besaran personel di tingkat tertinggi pertahanan negara meluas. Pemecatan tersebut tanda upaya Presiden China, Xi Jinping, membersihkan militer masih belum selesai. (Sumber: AP Photo)

Badan tersebut tidak menyebutkan alasan untuk menyingkirkan para jenderal senior tersebut. Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat China (PLA) tidak mengumumkan informasi apapun tentang penyelidikan disiplin.

Kembali pada tahun 2014, China mulai meluncurkan penyelidikan terhadap beberapa jenderal purnawirawan dan aktif teratasnya, termasuk dua yang pernah duduk di badan yang mengelola PLA, Komisi Militer Pusat.

Pembersihan yang tidak dijelaskan pada tahun 2023 menunjukkan bahwa penyelidikan korupsi makin intensif dan meluas.

Beijing mencopot Li sebagai diplomat militer teratas China tanpa penjelasan pada bulan Oktober, beberapa bulan setelah mengganti dua pemimpin teratas yang mengelola arsenal nuklir negara tersebut. Badan konsultasi politik mengeluarkan tiga eksekutif perusahaan pertahanan pekan ini.

Pertemuan legislatif pada 29 Desember juga menunjuk mantan kepala angkatan laut Dong Jun sebagai menteri pertahanan baru China, yang berpotensi membuka jalan untuk melanjutkan pertukaran militer tingkat tinggi antara dua ekonomi terbesar di dunia.

Analis Eurasia Group, termasuk Mingda Qiu, menulis dalam catatan bahwa pembersihan 12 delegasi dari badan legislatif dan badan konsultasi politik dalam waktu tiga hari menunjukkan "perombakan militer Xi telah mencapai puncaknya."

"Mungkin penyelidikan terus berlanjut di tingkat lebih rendah, serta di departemen lain," kata mereka.



Sumber : Straits Times / Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x