Kompas TV internasional kompas dunia

Reaksi Lengkap Berbagai Negara Atas Kemenangan Putin Amankan Jabatan sebagai Presiden Rusia

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 19:05 WIB
reaksi-lengkap-berbagai-negara-atas-kemenangan-putin-amankan-jabatan-sebagai-presiden-rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara pada konser yang menandai kemenangannya dalam pemilihan presiden dan peringatan 10 tahun aneksasi Krimea oleh Rusia di Lapangan Merah di Moskow, Rusia, Senin, 18 Maret 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS.TV - Vladimir Putin berhasil mengamankan jabatan presiden Rusia untuk periode kelima yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Komisi pemilihan setempat pada Senin (18/3/2024) mengumumkan hasil pemungutan suara di mana Putin tidak menghadapi tantangan serius dan yang terjadi di tengah penindasan paling ketat terhadap oposisi dan kebebasan berbicara sejak masa Uni Soviet.

Putin menyatakan marginnya yang sangat besar adalah bukti rakyat Rusia menaruh kepercayaan dan harapan pada dirinya. Sementara politisi di seluruh Eropa menolak, menyebutnya sebagai palsu dan mengutuk upaya Rusia menyelenggarakan pemilu di wilayah Ukraina yang diduduki yang diakuinya sebagai wilayahnya sendiri.

Berikut ini apa yang dikatakan Putin, para pemimpin Eropa, dan lainnya, seperti laporan Associated Press, Selasa (19/3/2024). 

Menurut data terbaru Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia (CEC), Putin memenangkan pemilihan presiden dengan 87,28 persen suara pada Senin (18/3) kemarin.

Baca Juga: Pemerintah China Ucapkan Selamat ke Putin yang Menangkan Pemilu Presiden Rusia

Juru bicara Deputi Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Vedant Patel menanggapi hasil pemilu Rusia yang memenangkan Putin. (Sumber: 20 minutos / Getty)

"Memang, masih ada banyak tugas yang harus dilakukan. Namun, saya ingin menegaskan kepada semua orang: ketika kita bersatu, tidak ada yang pernah berhasil menakut-nakuti kita, menindas kehendak dan kesadaran diri kita. Mereka gagal di masa lalu dan mereka akan gagal di masa depan." kata Vladimir Putin, Presiden Rusia.

"Tentu saja ini adalah proses yang tidak demokratis dan saya rasa aman untuk mengatakan bahwa tidak akan ada panggilan selamat yang datang dari Amerika Serikat." kata juru bicara Deputi Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Vedant Patel, Senin (18/3) menanggapi hasil pemilu Rusia yang memenangkan Putin.

Lin Jian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, menyatakan ucapan selamat dari pemerintah China tersebut dalam sebuah konferensi pers di Beijing, Selasa (19/3).

"China dengan tulus mengucapkan selamat kepada Presiden Putin atas kemenangannya. China dan Rusia adalah negara tetangga yang memiliki hubungan kerja sama strategis yang kokoh," ujar Lin Jian.

"Pemilihan berlangsung dalam ruang politik yang semakin menyusut, yang telah mengakibatkan peningkatan yang mengkhawatirkan terhadap pelanggaran hak-hak sipil dan politik, dan mencegah banyak kandidat untuk mencalonkan diri, termasuk semua yang menentang perang agresi ilegal Rusia." kata pernyataan dari Uni Eropa.

"Tidak ada legitimasi dalam pemilihan yang berpura-pura." kata Volodymyr Zelenskyy, Presiden Ukraina, dalam pidato radio hari Minggu malam.

Baca Juga: Putin Tebar Ancaman ke Barat Usai Menang Pemilu Rusia: Perang Dunia III Amat Mungkin Terjadi

"Hasilnya, tentu saja, mengejutkan. Ini adalah sinyal serius bagi Barat, yang telah berusaha untuk mengganggu situasi domestik di Rusia." kata Presiden Alexander Lukashenko dari Belarus, selama pertemuan dengan pejabat setelah mengucapkan selamat kepada Putin melalui panggilan telepon.

"Kami menganggap pemilihan yang disebut sebagai pemilihan di Rusia akhir pekan lalu tidak bebas dan tidak adil. Rusia, seperti yang telah dikatakan kanselir, sekarang merupakan sebuah diktator dan diperintah oleh Vladimir Putin dengan cara otoriter," kata Christina Hoffmann, juru bicara Kanselir Jerman Olaf Scholz.

"Organisasi pemilihan Rusia di bagian-bagian Georgia dan Ukraina yang diduduki adalah sepenuhnya ilegal. Dan pemilihan presiden Rusia jelas tidak bebas dan tidak adil." kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg saat mengunjungi Tbilisi, Georgia, Senin, (18/3).

"Pemilihan di Rusia adalah pemilihan tanpa pilihan. Mengadakan pemilihan di bagian-bagian Ukraina, bagian-bagian Moldova, dan bagian-bagian Georgia adalah bertentangan dengan hukum internasional. Oleh karena itu, semakin mengagumkan betapa banyaknya warga Rusia yang membuatnya jelas akhir pekan ini bahwa mereka tidak sejalan dengan presiden Rusia ini. Bahwa Anda pergi ke tempat pemungutan suara bahkan jika Anda didampingi oleh tentara — itu membuat saya sangat menghargai.” kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock.


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x