Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Subianto Bertemu Xi Jinping di Beijing, Bahas Masa Depan Bersama Masyarakat China-Indonesia

Kompas.tv - 1 April 2024, 21:25 WIB
prabowo-subianto-bertemu-xi-jinping-di-beijing-bahas-masa-depan-bersama-masyarakat-china-indonesia
Prabowo Subianto menjabat tangan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di Balai Agung Rakyat, Beijing, Senin (1/4/2024). (Sumber: Yao Dawei/Xinhua via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Senin (1/4/2024) waktu setempat. Pertemuan ini dilangsungkan di Balai Agung Rakyat Beijing.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, Xi mengucapkan selamat kepada Prabowo yang menang Pilpres 2024 satu putaran. Xi juga menitipkan salam untuk Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Sekjen Partai Komunis China itu menyinggung perkembangan hubungan bilateral China-Indonesia yang dicapai selama pemerintahan Jokowi. Menurutnya, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjadi contoh hubungan bilateral tingkat tinggi dan tahap maju menuju masa depan bersama.

Baca Juga: Usai Temui Xi Jinping, Prabowo Subianto Bakal Melawat ke Jepang

Xi mengatakan, pemerintah China memandang hubungan dengan Indonesia dari perspektif strategis dan jangka panjang. Ia mengaku bersedia memperdalam kerja sama strategis di semua bidang dengan Indonesia.

Xi Jinping menyebut China akan bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun suatu masyarakat China-Indonesia dengan masa depan bersama yang memiliki pengaruh global dan regional. Menurutnya, hal ini akan memberi kebermanfaatan kepada kedua bangsa dan meningkatkan kesejahteraan, stabilitas, dan perdamaian global.

Di lain sisi, Prabowo mengatakan akan menyampaikan salam Xi Jinping kepada Jokowi. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku senang China menjadi negara pertama yang dikunjunginya usai ditetapkan menang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Prabowo mengaku ia akan mendukung pengembangan hubungan China-Indonesia yang lebih dekat dan melanjutkan kebijakan luar negeri yang ramah kepada Beijing. 

Baca Juga: Waketum Gerindra Ungkap Pesan Prabowo: Jangan Serang Sosok Ibu Mega, Kita Jaga Beliau


 



Sumber : Xinhua



BERITA LAINNYA



Close Ads x