Kompas TV internasional kompas dunia

Ratusan Ribu Orang Antar Presiden Iran Ebrahim Raisi Dimakamkan di Makam Imam Reza

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 22:14 WIB
ratusan-ribu-orang-antar-presiden-iran-ebrahim-raisi-dimakamkan-di-makam-imam-reza
Dalam foto yang dirilis Kantor Kepresidenan Iran ini, peti jenazah Presiden Ebrahim Raisi dan delegasinya digotong dalam upacara pemakaman di Mashhad, Iran, Kamis (23/5/2024). (Sumber: Kantor Kepresidenan Iran via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MASHHAD, KOMPAS.TV - Ratusan ribu orang memadati kota Mashhad, timur Iran untuk mengikuti prosesi pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi, Kamis (23/5/2024). Ebrahim Raisi akan dikebumikan di Makam Imam Reza, salah satu tempat suci Islam Syiah.

Upacara pemakaman di Mashhad menandai berakhirnya serangkaian prosesi pemakaman yang telah berlangsung sejak awal pekan lalu. Pada Selasa (23/5), prosesi pemakaman diadakan di ibu kota Teheran dengan salat jenazah yang dipimpin langsung Pemimpin Tertinggi Ali Kahmenei.

Sebagian besar pelayat yang ikut mengiring jenazah Raisi di Mashhad mengenakan pakaian serba hitam. Sejumlah pelayat memukul-mukul dada dan kepala sebagai tanda dukacita yang umum ditunjukkan dalam prosesi Syiah.

Baca Juga: Jenazah Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian Dimakamkan di Kuil Syah Abdol-Azim

Pemakaman Raisi di Makam Imam Reza dipandang sebagai kehormatan besar bagi mendiang Presiden. Makam ini dianggap suci oleh Iran dan turut menjadi tempat dikuburkannya Imam Reza, salah satu dari 12 imam Syiah.

Ebrahim Raisi pun akan menjadi politikus pertama Iran yang dimakamkan di Makam Imam Reza.

Semasa hidupnya, Raisi dilaporkan menjadi salah satu nama yang diproyeksikan menggantikan Ali Khamenei di posisi Pemimpin Tertinggi Iran.

Ebrahim Raisi meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di Provinsi Azerbaijan Timur pada Minggu (19/5) lalu. Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, anggota delegasi Raisi, dan ketiga awak helikopter turut meninggal dalam kecelakaan ini.

Amir-Abdollahian sendiri telah dikebumikan lebih dulu di Makam Syah Abdol-Azim di Rey, selatan Teheran, Kamis (23/5).

Di lain sisi, pemerintah Iran telah menunjuk Wakil Presiden Mohammad Mokhber sebagai Penjabat Presiden. Iran akan menggelar pemilihan presiden pada 28 Juni mendatang untuk mencari pengganti Raisi.

Baca Juga: Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi Dihadiri Pejabat Tinggi 68 Negara, Siapa Presiden yang Hadir?


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x