Kompas TV internasional kompas dunia

Sedikitnya 27 Orang Tewas dalam Kebakaran di Taman Hiburan di India Barat

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 07:44 WIB
sedikitnya-27-orang-tewas-dalam-kebakaran-di-taman-hiburan-di-india-barat
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang terjadi di sebuah taman hiburan, di Rajkot di negara bagian Gujarat, India, Sabtu, 25 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW DELHI, KOMPAS TV - Kebakaran besar terjadi hari Sabtu, 25 Mei 2024, di sebuah taman hiburan di negara bagian Gujarat, India Barat, menewaskan setidaknya 27 orang termasuk beberapa anak-anak, menurut laporan polisi dan media hingga dini hari Minggu, 26/5/2024.

Kebakaran terjadi di taman hiburan di kota Rajkot, Gujarat. Komisaris Polisi Raju Bhargava mengatakan api sudah berhasil dikendalikan dan operasi penyelamatan sedang berlangsung.

Petugas polisi Vinayak Patel mengatakan petugas sulit untuk mengidentifikasi jasad korban akibat besarnya kebakaran.

Polisi mengatakan mereka telah menahan pemilik dan manajer taman hiburan untuk diinterogasi seiring dengan dimulainya penyelidikan penyebab kebakaran.

"Hingga saat ini kami telah mengkonfirmasi kematian 27 orang dalam insiden kebakaran ini," kata Patel yang dikutip oleh kantor berita Press Trust of India, menambahkan korban tewas termasuk empat anak di bawah usia 12 tahun.

Taman hiburan ini biasanya ramai dengan keluarga yang menikmati liburan sekolah di akhir pekan.

Baca Juga: Suhu Panas dan Dehidrasi di India Bikin Shah Rukh Khan Masuk Rumah Sakit, Bagaimana Kondisinya?

Langit-langit taman hiburan yang hancur dan terbakar terlihat setelah kebakaran di Rajkot di negara bagian Gujarat, India, Sabtu, 25 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)

Rekaman video menunjukkan petugas pemadam kebakaran membersihkan puing-puing di sekitar bangunan atap seng yang runtuh, yang menurut laporan media digunakan untuk atraksi bowling, go-kart, dan trampolin.

Taman hiburan ini dimiliki secara pribadi oleh Yuvraj Singh Solanki, dan Bhargava mengatakan bahwa polisi akan mengajukan kasus kelalaian terhadapnya.

"Kami akan mendaftarkan pelanggaran karena kelalaian dan kematian yang terjadi. Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan setelah operasi penyelamatan selesai," katanya.

Perdana Menteri Narendra Modi menulis di X bahwa dia sangat berduka atas kebakaran di Rajkot. "Pikiran saya bersama semua yang telah kehilangan orang yang dicintai. Doa untuk yang terluka."

Kebakaran adalah hal yang umum di India, di mana pembangun dan penduduk sering melanggar undang-undang bangunan dan aturan keselamatan.



Sumber : Associated Press / Press Trust of India



BERITA LAINNYA



Close Ads x