Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Klaim Merebut Desa Terbaru di Garis Depan Ukraina Timur

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 07:14 WIB
rusia-klaim-merebut-desa-terbaru-di-garis-depan-ukraina-timur
Polisi berlari di depan rumah yang terbakar yang hancur akibat serangan udara Rusia di Vovchansk, Ukraina, pada Sabtu, 11 Mei 2024. Rusia hari Sabtu, 25/5/2024, menyatakan berhasil menguasai desa terbaru di wilayah Donetsk, Ukraina timur, saat Kiev meningkatkan serangan di luar wilayah timur laut Kharkiv. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS TV - Rusia hari Sabtu, 25/5/2024, menyatakan berhasil menguasai desa terbaru di wilayah Donetsk, Ukraina timur, saat Kiev meningkatkan serangan di luar wilayah timur laut Kharkiv.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan hari Sabtu, 25/5/2024, pasukan Rusia berhasil "menguasai desa Arkhangelske," yang terletak di utara kota Donetsk.

Desa kecil di garis depan ini dekat dengan kota Ocheretyne, yang diklaim Rusia telah mereka kuasai awal Mei lalu.

Klaim terbaru Rusia tentang pencapaian wilayah ini muncul ketika Ukraina mengatakan Moskow semakin mengintensifkan serangan di luar wilayah Kharkiv, di mana mereka melancarkan serangan pada 10 Mei.

Staf Umum Ukraina mengatakan pasukan Rusia "sangat aktif" di dekat kota Pokrovsk di wilayah Donetsk.

Mereka menyebutkan enam pertempuran terjadi di dekat desa Kalynove, Yasnobrodivka, dan Sokil, di selatan desa Arkhangelske.

Baca Juga: Saat Putin Ungkap Masa Jabatan Zelenskyy di Ukraina Habis: dengan Siapa Moskow harus Bernegosiasi?

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat mengunjungi rumah sakit di Kharkiv. Rusia hari Sabtu, 25/5/2024, menyatakan berhasil menguasai desa terbaru di wilayah Donetsk, Ukraina timur, saat Kiev meningkatkan serangan di luar wilayah timur laut Kharkiv. (Sumber: ABC News)

Sementara itu, polisi Ukraina mengatakan tiga warga sipil tewas dan dua terluka dalam serangan Rusia di Donetsk, di mana terjadi lebih dari 1.800 serangan dalam sehari terakhir.

Pada 25 Mei, Ukraina mengatakan pasukannya berhasil menahan dua serangan di wilayah Kharkiv, dan pertempuran terus berlanjut di dekat kota Vovchansk, yang berusaha direbut oleh Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya berhasil menangkis dua serangan balasan di dekat perbatasan, satu di dekat Vovchansk.

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleg Synegubov, mengatakan Rusia menyerang pusat kereta api Kupiansk-Vuzloviy dengan bom berpemandu, melukai setidaknya lima orang.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengaku mengunjungi kota Kharkiv dan bertemu dengan pejabat militer untuk membahas pertahanan wilayah tersebut, khususnya Vovchansk.



Sumber : Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x