Kompas TV lifestyle kesehatan

Berkaca dari Fajri, yuk Mengenal Lebih Jauh Soal Obesitas: Kapan Seseorang Disebut Mengalaminya?

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 12:33 WIB
berkaca-dari-fajri-yuk-mengenal-lebih-jauh-soal-obesitas-kapan-seseorang-disebut-mengalaminya
Ilustrasi obesitas. Fajri adalah pasien Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang meninggal dunia, Kamis (22/6/2023). Sebelum meninggal, ia mengalami gangguan organ dalam akibat obesitas ekstrem   (Sumber: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di balik kasus Fajri (27), pria asal Tangerang yang memiliki bobot hampir 300 kilogram (kg), obesitas kini makin diperhatikan.

Fajri adalah pasien Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang meninggal dunia, Kamis (22/6/2023). Sebelum meninggal, Fajri mengalami gangguan organ dalam akibat obesitas ekstrem.

Selama 8 bulan, Fajri hanya terbujur di kasur dan tak dapat melakukan aktivitas. Hal ini membuat mobilitas pria ini terbatas hingga berat badannya terus bertambah dan mengalami obesitas.

Baca Juga: Jenazah Fajri Pemuda Obesitas 300 Kg akan Dimakamkan di TPU Menteng Pulo

Apa itu obesitas?

Mengutip dari Cleveland Clinic, obesitas adalah penyakit kronis dengan kondisi kelebihan lemak tubuh. Ketika tubuh memiliki lemak tubuh terlalu banyak, maka fungsi-fungsi tubuh menjadi terganggu.

Perubahan fungsi tubuh akibat obesitas bersifat progresif, dapat memburuk dari waktu ke waktu, dan menyebabkan gangguan kesehatan dan metabolisme tubuh.

Obesitas menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit kardiovaskular dan stroke, yang menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, lebih dari 4 juta orang meninggal setiap tahun akibat obesitas.

Baca Juga: Fajri Pria Berbobot 300 Kg Meninggal Dunia, Benarkah Obesitas Menyebabkan Kematian?

Berapa berat badan yang termasuk obesitas?

Seseorang dikatakan mengalami obesitas tidak diukur dari berat badannya. Pengukuran paling mudah untuk mengidentifikasi seseorang mengalami obesitas adalah menggunakan indeks massa tubuh atau body mass index (BMI).

BMI adalah penghitungan yang dapat memberikan informasi dasar mengenai lemak tubuh manusia berdasarkan berat badan dan tinggi. 


WHO menetapkan bahwa BMI 25 dianggap kelebihan berat badan dan BMI 30 dianggap obesitas. 

Baca Juga: Fajri, Pria Obesitas Berbobot 300 Kg Meninggal Dunia

Gejala Obesitas

Kelebihan lemak tubuh dapat memadati beberapa organ tubuh. Hal ini membuat metabolisme terganggu. Ada beberapa gejala yang mungkin muncul saat seseorang mengalami obesitas, yakni:

  • Asma
  • Sleep apnea
  • Sindrom hipoventilasi obesitas
  • Osteoarthritis
  • Sakit punggung
  • Asam urat

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mencatat bahwa 1 dari 3 orang dewasa yang mengalami obesitas juga menderita radang sendi. Penelitian menunjukkan, setiap kenaikan berat badan sebanyak 5 kg, risiko artritis lutut meningkat sebanyak 36 persen. 



Sumber : Cleveland Clinic, WHO



BERITA LAINNYA



Close Ads x