Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Manfaat Ikan Sidat Bagi Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 22:00 WIB
jangan-anggap-remeh-ini-6-manfaat-ikan-sidat-bagi-kesehatan-tubuh
Ikan sidat (Sumber: unair.ac.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ikan sidat adalah jenis ikan yang hidup di air tawar dan payau. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan belut, namun memiliki sirip yang lebih panjang dan lebar. Ikan sidat banyak digemari sebagai bahan makanan, terutama di Jepang.

Selain rasanya yang lezat, ikan sidat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari laman dislautan.jogjaprov.go.id, berikut adalah beberapa manfaat ikan sidat bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Kecerdasan

Baca Juga: Pelatihan Kuliner Ikan Sidat

Ikan sidat mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam perkembangan otak dan saraf. 

Oleh karena itu, ikan sidat dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan sidat juga mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata, terutama untuk penglihatan malam hari.

Vitamin A juga dapat menjaga arteri darah yang menghubungkan otak dan mata agar tidak menyempit. Selain itu, vitamin A dapat menghentikan pembentukan radikal bebas, yang dapat merusak lensa dan sel-sel retina.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Ikan sidat mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

4. Mencegah Diabetes

Ikan sidat mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak. Protein tersebut dapat membantu produksi insulin dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. 

Oleh karena itu, ikan sidat dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe apapun, terutama diabetes tipe-2.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ikan sidat mengandung protein dan asam amino yang penting untuk proses penyembuhan luka. Kandungan asam amino yang tinggi juga membantu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kembali sel-sel mati.

Baca Juga: Botok Ikan Sidat, Kuliner Asli Lumajang Jatim yang Lembut & Gurih

6. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan sidat mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Hal ini dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, sidat dapat membantu mencegah kolesterol jahat terbentuk dalam sistem darah dan juga dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat yang sudah terbentuk dalam darah.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x