Kompas TV lifestyle tren

Cara Bayar Menggunakan QRIS di Singapura, Mudah dan Efisien

Kompas.tv - 18 November 2023, 09:54 WIB
cara-bayar-menggunakan-qris-di-singapura-mudah-dan-efisien
Ilustrasi penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) untuk transaksi keuangan. (Sumber: KOMPAS.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut cara melakukan pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Singapura.

Seperti yang diketahui, Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) secara resmi meluncurkan interkoneksi pembayaran QR antara Indonesia dan Singapura pada Jumat (17/11). 

Peluncuran ini diresmikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Managing Director MAS Ravi Menon dalam rangka Singapore FinTech Festival 2023.

Dengan implementasi ini, pengguna atau nasabah dari lembaga keuangan yang berpartisipasi dapat melakukan pembayaran ritel lintas negara dengan menggunakan aplikasi mereka. 

Caranya adalah dengan memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) yang ditampilkan oleh merchant di Indonesia atau Singapura.

Interkoneksi pembayaran QR lintas negara ini menjadi capaian penting dari usaha BI dan MAS untuk mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta memperkuat keterkaitan perekonomian antara Indonesia dan Singapura.

Dengan kenyamanan pembayaran yang ditingkatkan melalui interkoneksi ini, akses pasar bagi pelaku usaha kedua negara, terutama usaha mikro dan kecil, dapat diperluas dengan menarik lebih banyak konsumen.

Inisiatif ini juga memberikan manfaat bagi para wisatawan dari kedua negara, mengingat peningkatan pariwisata pasca pandemi. 

Sebagai informasi, pada paruh pertama tahun 2023, tercatat 600.000 kunjungan wisatawan dari Singapura ke Indonesia, dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura.

Baca Juga: QRIS Bisa Digunakan di Singapura Mulai November 2023

Lantas bagaimana cara melakukan pembayaran menggunakan di QRIS di Singapura?

Cara Bayar Menggunakan QRIS di Singapura

Sebelum bisa digunakan di Singapura, pembayaran menggunakan QRIS ini sudah bisa lebih dulu dilakukan di Thailand dan Malaysia.

Cara untuk menggunakan QRIS ini pun hampir sama di setiap negara dan mudah untuk dilakukan.

Dilansir dari laman Bank Indonesia, berikut cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS di Singapura:

  • Mengunduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan
  • Selanjutnya, buka aplikasi lalu klik menu “Scan QRIS"
  • Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal. Sebagai contoh 10 dolar Singapura
  • Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah yang otomatis sudah terkonversi (Misalnya dari 10 dolar Singapura akan otomatis menjadi Rp115.000)
  • Selanjutnya, masukkan PIN Anda dan tunggu hingga notifikasi transaksi berhasil dilakukan muncul. Notifikasi tersebut menunjukkan bahwa pembayaran dengan QRIS antarnegara telah berhasil. 

Baca Juga: Belanja di Indomaret Kini Bisa Bayar Pakai QRIS BRImo, Begini Caranya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x