Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat!

Kompas.tv - 23 November 2023, 06:35 WIB
manfaat-air-rebusan-daun-sirih-hijau-untuk-kesehatan-wajah-bisa-mengatasi-jerawat
Daun sirih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan wajah. (Sumber: SHUTTERSTOCK/POETRA.RH via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sirih hijau adalah salah satu tanaman herbal yang telah dikenal sejak lama. Ramuan herbal berupa air rebusan daun sirih hijau diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan wajah. 

Air rebusan daun sirih hijau memiliki komposisi nutrisi antara lain protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, flavonoid, asam nikotinat, tanin, fenol, saponin, minyak atsiri, polifenol, natrium, dan yodium.

Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah. Berikut 3 manfaat air rebusan daun sirih hijau untuk wajah, dikutip dari Gramedia.com.

3 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Hijau untuk Wajah

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat menjadi masalah yang meresahkan bagi banyak orang. Jerawat dapat muncul karena berbagai sebab, mulai dari produksi sebum berlebih hingga infeksi bakteri.

Cara ampuh untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih hijau.

Kandungan tanin, flavonoid, dan saponin yang terkandung dalam air rebusan daun sirih hijau memiliki sifat antibakteri yang efektif meredakan peradangan dan memerangi bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: 7 Manfaat Air Rebusan Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

2. Mengobati Goresan di Area Wajah

Goresan pada wajah yang tidak ditangani dapat menyebabkan infeksi karena bakteri dapat mudah menembus lapisan kulit melalui luka tersebut.

Untuk menyembuhkan goresan, kamu dapat menggunakan air rebusan daun sirih hijau. Air rebusan daun sirih hijau mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri dengan sifat antibakteri.

Selain menyebuhkan goresan, air rebusan daun sirih hijau juga dapat membantu mencegah infeksi, dan menjaga kebersihan kulit wajah.

Baca Juga: Simak, Ini 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Mulut dan Gigi!

3. Mengobati Alergi pada Wajah

Alergi yang menyebabkan rasa gatal pada wajah, tentu sangat mengganggu bagi mereka yang mengalaminya. Untuk mengurangi gejala ini, kamu dapat menggunakan campuran air rebusan daun sirih hijau dengan bubuk kunyit.

Oleskan campuran tersebut seperti memakai masker wajah. Senyawa aktif pada daun sirih dan kunyit dapat meredakan alergi gatal pada wajah, serta memberikan kelegaan dan kesejukan pada kulit.

Baca Juga: 8 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Merah untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diare!


 



Sumber : Gramedia.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x