Kompas TV lifestyle kesehatan

Mahfud MD Akui Suka Jalan Pagi Sebelum Ngantor, Yuk Kenali Manfaatnya untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.tv - 2 Februari 2024, 09:17 WIB
mahfud-md-akui-suka-jalan-pagi-sebelum-ngantor-yuk-kenali-manfaatnya-untuk-turunkan-berat-badan
Jurnalis KompasTV, Gratia Adur yang ikut Jalan Pagi bersama Mahfud MD dan staf dari MenkoPolhukam (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Eks Menko Polhukam Mahfud MD menjalani aktivitas terakhirnya bersama para staf di Menko Polhukam dengan jalan pagi bersama di Monas, Jumat (2/2/2024). Usai olah raga Mahfud MD diagendakan kembali ke kantor untuk berpamitan. Serunya jalan pagi Mahfud MD dan staf terekam dalam vlog bersama jurnalis KompasTV, Gratia Adur. 

Dalam vlog tersebut Mahfud MD menceritakan ternyata selama bekerja di Menko Polhukam, Mahfud selalu rutin setiap pagi jalan pagi bersama para stafnya. 

"Saya sudah 4 tahun rajin selalu 2-3 x putaran, ya sekira 3-4km, jadi sehabis olahraha langsung lanjut kerja aktivitas kantor, Kalau ini Jumat Terakhir, jadi nanti sekalian pamit. Agenda diluar Menko, langsung besok pergi ke Batam," beber Mahfud MD.

Baca Juga: Ditanya Siapa yang Sebaiknya Mencontoh untuk Mundur, Mahfud MD: Standar Etik Itu Untuk Saya Aja

Nah, ternyata jalan pagi rutin banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah penurunan berat badan. Lama waktu jalan kaki yang diperlukan untuk menurunkan berat badan adalah selama 45-60 menit per hari.

Namun selain berjalan kaki, Anda juga diimbau untuk melakukan pola hidup sehat dan mengatur asupan makanan agar berat badan bisa turun secara efektif. Untuk lebih jelasnya, ketahui lama waktu jalan kaki yang diperlukan dan cara menurunkan berat badan berikut ini.


 

Dilansir dari Today, berjalan kaki 45-60 menit merupakan durasi waktu yang baik untuk menurunkan berat badan karena lebih lama daripada durasi waktu olahraga yang diperlukan per hari. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, Anda diimbau untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari.

Dengan menambah durasi waktu jalan kaki selama 15-30 menit dari durasi olahraga yang diperlukan per hari, jumlah kalori yang dibakar akan semakin besar sehingga berat badan akan berkurang lebih banyak.

Meskipun begitu, besarnya jumlah kalori yang dibakar dengan berjalan kaki akan berbeda pada masing-masing orang. Umumnya, Anda dapat membakar sekitar 100 kilokalori (kkal) saat berjalan kaki 1.000 langkah.

Baca Juga: Menteri Dipanggil Penegak Hukum Jika Beda Pilihan Capres? Mahfud MD: Isu Itu Saya Dengar

Namun, durasi dan intensitas jalan kaki yang dilakukan akan menentukan besarnya jumlah kalori yang dibakar. Semakin lama durasi jalan kaki yang dilakukan dan semakin sulit medan yang dilalui, semakin besar juga jumlah kalori yang dibakar sehingga berat badan lebih banyak berkurang.

Berat badan juga akan berkurang secara signifikan jika olahraga jalan kaki dilakukan secara rutin, atau setidaknya setiap lima kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x