Kompas TV lifestyle beauty and fashion

5 Manfaat Vitamin E, Bikin Kulit Awet Muda hingga Samarkan Flek Hitam

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 11:30 WIB
5-manfaat-vitamin-e-bikin-kulit-awet-muda-hingga-samarkan-flek-hitam
Ilustrasi. Vitamin E yang mengandung antioksidan dapat mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vitamin E menjadi sumber nutrisi penting untuk tubuh, utamanya kulit. Vitamin E umumnya terkandung dalam minyak nabati, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. 

Selain itu, vitamin E dapat ditemukan di berbagai jenis sayuran dan buah, seperti bayam, brokoli, mangga, dan kiwi.

Dilansir laman Harvard T.H. Chan School of Public Health, vitamin E memegang peran penting sebagai antioksidan untuk menetralkan radikal bebas yang merusak sel pada tingkat genetik. 

Radikal bebas merupakan penyebab dari masalah kesehatan seperti kanker hingga kerusakan kulit.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Teh Putih, Bikin Awet Muda hingga Turunkan Berat Badan

5 Manfaat Vitamin E untuk Kulit

1. Mencegah penuaan dini

Vitamin E yang mengandung antioksidan dapat mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit. Kandungan antioksidan dalam vitamin E mempengaruhi sirkulasi darah, sehingga sel-sel kulit mendapatkan asupan nutrisi.

Kandungan antioksidan juga merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

2. Melembapkan kulit

Kulit kering lebih berisiko mengalami iritasi dan infeksi, sehingga harus segera diatasi. Salah satu cara menjaga kelembapan kulit adalah dengan mencukupi kebutuhkan vitamin E atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin E.

Vitamin E dapat membentuk lapisan minyak pada permukaan kulit yang dapat menahan air agar tidak mudah menguap. Dengan begitu, kulit pun akan tetap terhidrasi. 

Tidak hanya itu, vitamin E dapat menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka

Mengonsumsi vitamin E atau mengoleskan produk mengandung vitamin jenis ini pada bekas luka, dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Hal ini disebabkan kandungan antioksidan dalam vitamin E dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen dapat mempercepat pembentukan jaringan kulit baru, sehingga luka akan cepat pulih. 

4. Menyamarkan flek hitam

Flek hitam terjadi ketika produksi melanin di kulit meningkat, terutama setelah terpapar sinar matahari secara berlebih. Meski tidak berbahaya, kondisi ini dapat memengaruhi penampilan bahkan kepercayaan diri seseorang.

Beberapa penelitian menunjukkan, vitamin E dapat mendorong proses pergantian sel-sel kulit mati. Dengan begitu, flek hitam pun tersamarkan dan digantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Goji Berry, dari Bikin Awet Muda sampai Jaga Stamina Pria

5. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Terpapar sinar matahari dalam waktu lama bisa menyebabkan kulit mengalami kerusakan. Vitamin E diketahui efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x