Kompas TV lifestyle tren

Tahun Berapa Puasa Ramadan Pertama Kali Dilaksanakan Sesuai Syariat?

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 08:45 WIB
tahun-berapa-puasa-ramadan-pertama-kali-dilaksanakan-sesuai-syariat
Lautan lampu di Piccadilly London menyambut datangnya puasa Ramadan. (Sumber: Sky News)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Bahasa Arab, puasa disebut dengan Shaum atau Shiyam yang artinya menahan diri. Secara luas, pengertian puasa adalah kewajiban untuk menahan diri dari lapar dan haus, pemikiran dan perkataan buruk, serta hawa nafsu.

Puasa Ramadan dilakukan selama satu bulan penuh, dengan jangka waktu selama kurang lebih 14 jam sejak matahari terbit hingga matahari terbenam.

Lalu, kapan pertama kali disyariatkan puasa Ramadan?

Mengutip dari buku Hamka (2020) "Tuntunan Puasa, Tarawih, dan Shalat Idul Fitri"  terbitan Gema Insani, seperti dilansir Kompas.com, puasa Ramadhan pertama kali diperintahkan kepada Nabi Muhammad SAW pada tahun kedua hijriah atau sekitar 624 M.

Baca Juga: Satreskrim Polres Minut Bongkar Judi Sabung Ayam Di Desa Tetey

Perintah untuk melaksanakan puasa wajib bagi umat Islam di bulan Ramadan tercantum dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 183. Ayat tersebut memaparkan:

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".

Saat wahyu itu diturunkan, Nabi Muhammad bersama dengan para sahabatnya sedang membangun pemerintahan baru di Madinah.


 

Waktu itu, puasa menjadi suatu hal yang sangat penting artinya dalam membentuk kepribadian manusia agar dapat melaksanakan dan menerima tugas besar serta suci. Perintah melaksanakan puasa yang diturunkan oleh Allah SWT dengan perantaraan Rasulnya, mengetuk hati, iman, dan aqidah orang-orang beriman.

Baca Juga: Kompleks Makam Sunan Kalijaga di Demak Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 50 cm!

Selain itu, perintah puasa juga menyentuh akal dan perasaan, jiwa dan sanubari sekaligus. Oleh karena itu, yang terpanggil dan terketuk hatinya untuk berpuasa disebut telah merasakan "halawatul iman", yaitu manis nikmatnya iman, tidak diterima dengan rasa berat.

Justru puasa dilaksanakan dengan hati yang gembira, dielukan, dan ditunggu-tunggu oleh umat Muslim yang beriman.

Seperti diketahui, yang dapat dipastikan adalah di bulan Ramadan terjadi peristiwa penting dalam sejarah Islam, yakni turunnya Al Quran untuk pertama kalinya pada 17 Ramadan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x