Kompas TV lifestyle tren

Daftar 8 Buah-buahan Penurun Kolesterol Alami, Wajib Jadi Hidangan Sampingan saat Idulfitri

Kompas.tv - 10 April 2024, 07:00 WIB
daftar-8-buah-buahan-penurun-kolesterol-alami-wajib-jadi-hidangan-sampingan-saat-idulfitri
Medikopomologi adalah seni memahami dan mengatasi penyakit dan gangguan kesehatan melalui buah-buahan. Singkatnya,Medikopomologi adalah buah yang memiliki khasiat medik-terapeutik. (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat merayakan Hari Idulfitri, umat Islam sering kali berkumpul untuk silaturahmi sambil menikmati hidangan khas Lebaran yang kaya akan santan.

Namun, banyak hidangan yang disajikan seperti opor, rendang, dan gulai yang berbahan pangan hewani tinggi lemak dan kolesterol, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol setelah Lebaran.

Baca Juga: Arab Saudi Tetapkan Idulfitri pada 10 April 2024, Bagaimana di Negara-Negara Lain?

Menurut Medline Plus, kolesterol yang berlebih dalam darah dapat menyebabkan penumpukan pada dinding arteri dan pembuluh darah. Ini dapat mengakibatkan penyempitan atau bahkan penyumbatan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Alam telah menyediakan sejumlah buah-buahan yang tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, tetapi juga berfungsi sebagai pembantu alami dalam menurunkan kadar kolesterol. Dengan memasukkan buah-buahan tepat dalam menu harian, Anda bisa menikmati camilan sehat sekaligus menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Baca Juga: Sehari Jelang Idulfitri, Pemudik di Terminal Pulogebang Berkurang

Maka dari itu, bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol setelah Lebaran?

Berikut ini adalah delapan buah-buahan yang bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami, mudah ditemukan, dan bisa dibeli di pasar terdekat.

Buah-buahan Penurun Kolesterol

  1. Pisang - Buah berwarna kuning ini kaya akan serat dan kalium yang dapat melawan kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah tinggi. Pisang juga menyediakan energi langsung dari gula alaminya dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.
  2. Jeruk - Buah-buahan dari keluarga sitrus seperti jeruk mengandung pektin, serat larut yang mampu menarik kolesterol keluar dari sistem tubuh. Kaya akan vitamin C, jeruk menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan arteri.
  3. Apel - Pepatah mengatakan, "Sebuah apel sehari, dokter pun menjauh hari." Kandungan pektin dan polifenol dalam apel berperan aktif menurunkan kolesterol dan melawan aterosklerosis.
  4. Semangka - Buah segar ini mengandung likopen, antioksidan yang memberi warna merah dan berkontribusi dalam menurunkan LDL. Likopen juga berperan penting dalam menjaga elastisitas pembuluh darah.
  5. Pepaya - Selain manfaatnya bagi pencernaan, pepaya mengandung antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol di arteri. Seratnya yang tinggi membantu menormalkan profil lipid dalam darah.
  6. Alpukat - Kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Penelitian menunjukkan konsumsi rutin alpukat dapat berdampak signifikan pada profil lipid.
  7. Anggur - Kandungan air dan serat larut dalam anggur dapat mengurangi kadar kolesterol dan menekan produksinya di hati. Anggur adalah camilan menyegarkan sekaligus bermanfaat bagi pembuluh darah.
  8. Beri (stroberi, bluberi, dll) - Kaya akan antioksidan yang menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan, memberikan perlindungan ekstra bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Volume Kendaraan Pemudik Turun, One Way Tol Cipali-Kalikangkung Dihentikan

Mengonsumsi buah-buahan ini sebagai bagian dari pola makan seimbang tidak hanya menambah kelezatan, tetapi juga mendukung kesehatan jantung Anda secara keseluruhan. Jaga kesehatan dengan camilan sehat dari alam.


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x