Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Minuman yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol

Kompas.tv - 13 April 2024, 09:05 WIB
4-minuman-yang-ampuh-turunkan-kadar-kolesterol
Ilustrasi air lemon. (Sumber: Freepik/dashu83)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa minuman bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Lantas, minuman apa yang cocok untuk kolesterol? Minuman yang bisa menurunkan kolesterol, antara lain green tea atau teh hijau, air lemon, dan sari atau susu kedelai.

Disarikan dari Medical News Today, berikut beberapa minuman untuk menurunkan kolesterol yang bisa dicoba karena mengandung katekin dan antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Jus Buah Bit

Jus bit adalah sumber nutrisi yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol karena mengandung senyawa yang disebut betalains.

Tak hanya mengurangi kolesterol jahat, jus buah bit juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Jus bit juga kaya nitrat yang membantu melancarkan aliran darah dan memelihara kesehatan jantung. 

Baca Juga: Sederet Penyakit Kronis yang Auto Kambuh Pasca-Lebaran

Teh Hijau

Teh hijau atau green tea mengandung katekin dan antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain teh hijau, jenis teh yang bisa mengatasi kolesterol tinggi yaitu teh hitam dan hibiscus tea.

Susu Kedelai

Susu atau sari kedelai juga termasuk minuman yang cocok untuk kolesterol.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) bahkan merekomendasikan konsumsi 25 gram kedelai per hari sebagai diet rendah lemak dan kolesterol untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Meski begitu, Anda sebaiknya mengonsumsi susu kedelai yang diolah tanpa penambahan pemanis atau gula berlebihan serta pewarna buatan.

Baca Juga: Lebaran di Inggris, Dewi Gita Bawa Kerupuk, Rendang dan Seblak Pesanan sang Anak

Air Perasan Lemon

Air lemon adalah minuman sederhana yang efektif menurunkan kolesterol dalam darah. Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh. 


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x